HUT RI, HK Beri Bansos ke Legiun Veteran & Pasang Perpustakaan Digital

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 14:19 WIB
Hutama Karya
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (HK) menggelar beberapa program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dalam peringatan HUT RI Ke-7. Hutama Karya membagikan ribuan paket sembako dan memasang perpustakaan digital (Edubp) untuk beberapa sekolah di wilayah Sumatera.

Paket sembako 'Merdeka' diberikan secara simbolis oleh perwakilan Tim TJSL Hutama Karya kepada Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jakarta Selatan Letkol. Purn. Suparyono pada Rabu (18/8/2021 di kantor LVRI Duren Sawit, Jakarta Timur. Adapun pembagian sembako sejatinya sudah dimulai sejak Minggu (15/8) lalu.

Selain itu, cucu perusahaan Hutama Karya yakni PT Bhirawa Steel juga membagikan 2.500 paket kepada masyarakat terdampak Pandemi COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur. Ribuan paket sembako tersebut diserahkan secara simbolis pada Senin (16/8) lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan pembagian 100 paket sembako merdeka ini merupakan dukungan perusahaan bagi para veteran beserta keluarga yang dahulu berjuang untuk meraih kemerdekaan RI, khususnya di tengah masa Pandemi COVID-19.

"Paket sembako yang kami bagikan terdiri dari beras, minyak, gula, teh, madu, susu, biskuit dan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan pokok para veteran RI. Paket tersebut akan didistribusikan kepada para veteran yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Bogor dan Bekasi. Selain itu, lewat cucu perusahaan kami, Bhirawa Steel, ribuan paket sembako dibagikan ke 20 kelurahan dan panti sosial di wilayah Surabaya dan Sekitarnya. Semoga paket sembako ini dapat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok yang dibutuhkan bagi para veteran maupun masyarakat," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Selain pembagian paket sembako untuk veteran, Hutama Karya juga berkolaborasi dengan perusahaan BUMN lainnya untuk memasang Perpustakaan Digital (EduBP) di beberapa wilayah Sumatera, antara lain Lampung, Bengkulu dan Riau. Serah terima bantuan pemasangan perpustakaan digital (edubp) secara simbolis dilakukan pada Senin (16/8) di SMAN 1 Terbanggi Besar, Lampung oleh Vice President CSR/PKBL Hutama Karya Agus Kosasih dan Branch Manager Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung Yoni Satyo kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Terbanggi Besar, Haryono.

Hutama Karya Foto: Dok. Hutama Karya

"Kegiatan pemasangan akses perpustakaan digital (Edubp) dilaksanakan pada tiga sekolah yang berdekatan dengan wilayah operasional perusahaan Sumatera yakni SDN 008 Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai, Provinsi Riau, SMP Negeri 25 Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu dan SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Pemasangan perpustakaan digital (Edubp) mulai dilakukan pada tanggal 16 Agustus dan akan berlanjut hingga 31 Agustus mendatang," papar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan pemasangan perpustakaan digital merupakan bagian upaya BUMN untuk mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) yang berkaitan dengan pendidikan berkualitas lewat pendirian Taman Baca Masyarakat (TMB) dan pemasangan Perpustakaan Digital (EduBP) di lebih dari 1.000 titik.

"Perpustakaan digital ini berisi berbagai materi pembelajaran video visual, audio visual dan materi sekolah dasar pada umumnya, termasuk informasi mengenai Hutama Karya. Harapannya, dengan kehadiran fasilitas perpustakaan digital, beberapa sekolah yang sebelumnya mengalami kesulitan memperoleh akses informasi dan referensi dapat terbantu serta mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring di tengah situasi Pandemi Covid-19," jelas Tjahjo.

Ketua DPC LVRI Jakarta Selatan Letkol Purn Suparyono mengapresiasi Hutama Karya dan 35 BUMN donatur lainnya atas paket sembako yang dibagikan.

"Harapan kami sebagai veteran pejuang bangsa, agar perjuangan, semangat dan cita-cita kami dapat terus dilanjutkan oleh para generasi penerus bangsa. Tangguh dan tumbuh bersama-sama untuk Indonesia yang lebih baik ke depannya," ucap Suparyono.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Haryono juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan atas bantuan fasilitas pendidikan perpustakaan digital diberikan.

"Kehadiran fasilitas pendidikan perpustkaan digital (Edubp) ini dapat membantu para guru, siswa dan seluruh tenaga pendidik di SMAN 1 Terbanggi Besar untuk lebih cepat memperoleh dan mengakses berbagai informasi dan referensi tambahan guna menjadi bahan ajar di sekolah kami ke depannya," kata Haryono.

(akn/ega)