Situs KPU Jaktim Diretas, Muncul Foto Kartun Bawa Bendera Merah Putih

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 12:44 WIB
A magnifying glass is held in front of a computer screen in this file picture illustration taken in Berlin May 21, 2013. Hackers broke into U.S. government computers, possibly compromising the personal data of 4 million current and former federal employees, and investigators were probing whether the culprits were based in China, U.S. officials said on June 4, 2015. REUTERS/Pawel Kopczynski/Files
Foto: Ilustasi peretasan (Pawel Kopczynski/REUTERS)
Jakarta -

Situs resmi KPU Jakarta Timur mengalami peretasan. Situs tersebut menampilkan gambar kartun pria membawa bendera merah putih.

Alamat situs KPU Jakarta Timur yakni jakartatimur.kpu.go.id. Ketika detikcom mencoba mengakses situs itu pada Rabu (18/8/2021), pukul 12.15 WIB, situs ini bisa diakses namun menampilkan gambar dan beberapa kalimat tulisan.

Peretasan tersebut dikonfirmasi langsung oleh Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Dia menyebut saat ini situs tersebut dalam proses perbaikan.

"Sepertinya benar, segera kami cek dan perbaiki," kata Ilham Saputra, saat dihubungi.

Tampilan situs KPU Jakarta Timur diretas sekitar pukul 12.00 WIBTampilan situs KPU Jakarta Timur diretas sekitar pukul 12.00 WIB Foto: (Dok.Screenshot Situs KPU Jaktim)

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Idroos juga membenarkan peretasan itu. Dia memastikan saat ini situs sudah disuspend oleh pihak KPU RI.

"Saya mendapatkan kabar demikian. Sudah dikomunikasikan ke KPU RI terkait perbaikan atas peretasan ini, sedang disuspend oleh KPU RI. Insyaallah segera kelar," ucapnya.

Pada saat diakses, situs KPU Jakarta Timur tampak menampilkan gambar animasi pria membawa bendera merah putih. Terlihat juga tulisan 'Hacked By Clan_X7'.

Di bawah gambar animasi tersebut sempat ada tulisan berbunyi sebagai berikut:

Tahun 2021 ini mungkin sama dengan tahun 2020 dimana banyaknya kesedihan yang melanda negeriku, Tahun yang dimana banyaknya orng meninggal dan langsung dikatai Corona, tahun yang dimana pemerintah yang sukses berbisnis dengan rakyatnya dengan isu corona. Tanah airku mungkin saat ini sedang bersedih karna banyaknya musibah yang melandannya. Tapi tidak ada kata gentar dikamus tanah airku, lihat saja perjuangan para pahlawan yang melawan penjajah pada masa penjajahan. Memang saat ini kita dilanda oleh berbagai penyaki yang sangat berbahaya, kita juga dibatasi dengan sekat sekat pembatas agar kita sehat, tapi itu tidak boleh membuat kita takut, tetap mematuhi protokol dan perbanyak berdoa untuk kesehatan kita, keluarga kita, dan tanah air kita yang tercinta INDONESIA.

Lihat juga Video: Database Vaksinasi Diretas, Pemerintah Italia Lakukan Investigasi

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)