PPSDM Migas Raih Juara 3 Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran KESDM

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 19:01 WIB
Penghargaan Gedung Perkantoran Hemat Energi
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

Kantor besar PPSDM Migas berhasil menempati posisi ketiga dalam Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran Tahun 2021 yang digelar oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Lomba ini diikuti oleh 24 gedung perkantoran dari 9 unit Eselon 1 dan BPH Migas sebagai apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan upaya terbaik penerapan efisiensi energi serta untuk gedung perkantoran yang hemat energi di lingkungan Kementerian ESDM.

Ajang ini sekaligus sebagai contoh bangunan gedung yang hemat energi di instansi, baik pemerintah pusat dan daerah. Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi, khususnya kepada Tim Pelaksana Tugas Efisiensi dan Penghematan Energi dan Air PPSDM Migas dan seluruh pegawai PPSDM Migas atas dedikasinya selama ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pelaksana Tugas Efisiensi dan Penghematan Energi dan Air PPSDM Migas dan seluruh pegawai PPSDM Migas atas dedikasinya sehingga pada hari ini kita mencapai milestone yang membanggakan yaitu menjadi juara ke-3 pada acara penghargaan Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran di lingkungan KESDM tahun 2021," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

"Dengan prestasi yg diperoleh kita harus mempertahankan dan menggiatkan lagi untuk melakukan efisiensi penggunaan energi melalui inovasi - inovasi tanpa harus mengurangi kenyamanan di dalam memberikan pelayanan kepada publik," lanjutnya.

Waskito berharap hemat energi tak hanya dipahami, tapi juga diimplementasikan oleh semua pegawai dan stakeholder jajaran PPSDM Migas.

"Harapannya ke depan adalah jika PPSDM Migas ingin naik ke kelas yang lebih tinggi lagi maka harus terakreditasi dan menerapkan ISO 50001 (tentang Energy Management System) sehingga dengan energi kita hemat, pelayanan harus meningkat," terangnya.

Diketahui penilaian lomba dilakukan oleh 13 dewan juri dengan beranggotakan pakar konservasi energi, akademisi, serta dari internal KESDM, yang menghasilkan 3 pemenang utama, yaitu Gedung Slamet Bratanata Direktorat Jenderal EBTKE sebagai juara pertama, Gedung PPSDM KEBTKE sebagai juara kedua, dan berada di posisi ketiga, Kantor besar PPSDM Migas.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan hari ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, dan dihadiri oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif. Arifin mengucapkan selamat atas terpilihnya para pemenang. Ia berharap kompetisi ini dapat mendorong peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang yaitu Direktorat Jenderal EBTKE, PPSDM KEBTKE dan PPSDM Migas dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada penilaian penghargaan tahun ini. Dengan harapan adanya penerapan konservasi energi ini merupakan langkah konkret dan komitmen kita di bidang ESDM dalam upaya pengurangan emisi karbon menuju nett zero emission yang akan memberikan manfaat antara lain dalam penghematan biaya energi," katanya.

Di samping itu, ia mendorong agar ke depan kegiatan Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran bisa terus ditingkatkan, terutama terkait kriteria penilaian agar hasil yang didapatkan optimal.

"Saya berharap di tahun yang akan datang kegiatan ini terus dapat dilaksanakan, ditingkatkan terutama kriteria - kriteria penilaian sehingga kita bisa menghasilkan hasil yang optimal. Sehingga dapat menjadi momentum untuk dapat mendorong efisiensi energi pada seluruh gedung perkantoran maupun operasional di lingkungan KESDM," pungkasnya.

Sebagai informasi, Lomba Hemat Energi Gedung Perkantoran telah dimulai sejak bulan Februari 2021 sampai 17 Agustus 2021. Adapun tahapannya, yaitu launching pada tanggal 25 Februari 2021, dilanjutkan dengan sosialisasi, kunjungan dan pendampingan lapangan, pendampingan penyusunan proposal dan aplikasi karena dilakukan secara online, kemudian verifikasi dokumen untuk penilaian dan penentuan 6 besar kemudian dilakukan presentasi 6 besar pada 15 Juli 2021.

Kriteria penilaian lomba ini mencakup pelaksanaan manajemen energi, implementasi teknis efisiensi yang mencakup antara lain desain pasif, desain aktif, dan pemanfaatan energi terbarukan serta pengelolaan sampah atau limbah, dan dampak seperti turunnya biaya operasional juga penurunan emisi gas rumah kaca.

Para pemenang akan mendapat trophy dan sertifikat penghargaan atas apresiasi atas keberhasilan dalam upaya terbaik penerapan hemat energi pada Gedung tiap unit atau satker. Para pemenang juga akan didampingi untuk mengikuti penghargaan Subroto bidang efisiensi energi tahun 2021 pada berbagai kategori dan diharapkan menjadi pemenang dan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Energy Awards Tahun 2021.

Untuk diketahui, Tim Pelaksana Tugas Efisiensi dan Penghematan Energi dan Air PPSDM Migas ini diketuai oleh Sonden Winarto, Wakil Ketua oleh Agus Sugiharto, Sekertaris Ferry Purwo Saputro, dengan Anggota seluruh Koordinator dan Sub Koordinator PPSDM Migas, Hendri Setyo Febrianto, Ahmad Nawawi, Joko Sulistyono, Putra Ariyanta, Angelia Herimiati Ayu Wardani, Rohenda, Dheni Prima Kurniawan dan Mujianto.

(ncm/ega)