Jokowi: Saya Pernah Pakai Busana Adat Aceh-Bugis, Kita Sungguh Kaya Budaya

knv - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:20 WIB
Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung.
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita terkait kebiasaannya memakai baju adat di acara-acara resmi kenegaraan. Jokowi mengatakan Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram, Selasa (17/8/2021). Jokowi mengunggah foto memakai baju adat dari Lampung bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat menjelang upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana.

"Saya pernah mengenakan busana adat Aceh, Minangkabau, Sunda, Jawa, Sasak, Bali, Bugis, dll. Kita sungguh kaya akan budaya," tulis Jokowi.

"Pada upacara 17 Agustus tahun ini saya mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung," sambung Jokowi.

Seperti diketahui, Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana.

Upacara HUT ke-76 RI di Istana itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021). Upacara digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Upacara ini juga diikuti secara virtual. Peserta yang menyaksikan upacara mulai para menteri hingga masyarakat.

Pada Senin (16/8), Jokowi juga berbusana adat saat menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR. Jokowi mengenakan baju adat dari suku Baduy.

Simak Video: Gaya Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung di HUT Ke-76 RI

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)