HUT RI Ke-76, BPIP Gelar Lomba Vlog hingga Karya Tulis

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 09:20 WIB
Plt. Sekretaris Utama BPIP, Karjono
Foto: BPIP
Jakarta -

Menyambut HUT RI ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar berbagai lomba bertema kebangsaan dan Pancasila. Selain dalam rangka merayakan HUT RI, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai Pancasila di masyarakat.

"Sebagai upaya untuk mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam pengamalan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila atau disebut Bulan Pancasila (Juni-Agustus 2021) dan sekaligus Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menyelenggarakan berbagai macam jenis lomba," ujar Plt. Sekretaris Utama BPIP, Karjono dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

Adapun berbagai lomba yang telah telah dilaksanakan dan/atau sedang berlangsung saat ini sebagai berikut.

1. Lomba Video Pendek dan Animasi dengan Platform YouTube

Lomba ini merupakan kerja sama antara BPIP dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Dalam lomba ini, terdapat dua tema yang dihadirkan, yaitu 'Penguatan Pancasila sebagai Dasar Negara' dan 'Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat'.

Saat ini, pemenang lomba juga telah diumumkan pada 1 Juni 2021 melalui YouTube dan Instagram BPIP.

2. Lomba Video Pendek Berbasis Instagram dan TikTok

Lomba ini mengusung tema 'Laku Pancasila Bagi Millenial'. Pemenang lomba telah diumumkan pada 1 Juni 2021 melalui YouTube dan Instagram BPIP.

3. Lomba Orasi 1 Juni

Mengambil tema 'Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh', lomba ini telah disiarkan langsung melalui kanal YouTube BPIP pada 4 Agustus 2021. Pemenang juga telah diumumkan melalui akun media sosial BPIP pada 13 Agustus 2021.

4. Lomba Cerita Permainan Tradisional Berbasis Video

Adapun lomba ini mengambil tema 'Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh'. Pemenang juga telah diumumkan pada 13 Agustus melalui website dan akun medsos BPIP.

5. Lomba Vlog

Bertema 'Kibarkan Sang Merah Putih di Tiang Tertinggi', pemenang lomba akan diumumkan pada 17 Agustus 2021 melalui akun medsos BPIP.

6. Penghargaan terhadap Kreativitas Anak Indonesia Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Kegiatan ini dilaksanakan secara gotong royong lintas sektor dengan tema 'Apresiasi Ajang Kreativitas Anak Indonesia Jenjang PAUD: Cita-citaku Untuk Indonesia Tangguh'. Adapun hasil pemeringkatan peserta akan diumumkan pada 17 Agustus 2021 melalui akun medsos BPIP.

7. Lomba Karya Tulis

Lomba karya tulis atau penulisan essai mengambil tema 'Teladan Pancasila Aparatur Negara'. Pemenang lomba akan diumumkan melalui akun medsos BPIP pada 31 Agustus 2021.

Selain untuk mempopulerkan kembali nilai luhur Pancasila, Karjono menyebut perlombaan ini juga merupakan ajang menggali inovasi dan kreativitas masyarakat, terutama kalangan muda.

"Berdasarkan beberapa kegiatan lomba tersebut, terlihat animo masyarakat sangat besar untuk menggaungkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Terkait lomba karya tulis, Karjono menyebut hingga saat ini tercatat lebih dari 300 orang telah mendaftar.

"Menyikapi berbagai masukan dan tanggapan masyarakat terkait lomba karya tulis yang telah diberitakan di berbagai media massa, maka kami keluarga besar BPIP merasa senang sebagai lembaga baru yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh yang telah memberikan komentar, masukan dan sarannya. Hal ini juga terlihat banyaknya jumlah pendaftar semenjak diumumkan melalui medsos BPIP hingga sampai dengan saat ini empat hari sudah tercatat lebih dari 300 orang pendaftar," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Karjono menjelaskan pihaknya juga telah menyikapi berbagai saran dari para tokoh dan masyarakat. Untuk itu, BPIP akan tetap menggelar lomba karya tulis dengan tema berbeda.

Lomba karya tulis akan tetap dilaksanakan dengan mengambil tema 'Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan', dan 'Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh'.

Adapun tema tersebut merupakan perubahan atau pengganti tema sebelumnya, yakni 'Hormat Bendera Menurut Hukum Islam' dan
'Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam'.

"Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan," katanya.

"Selanjutnya, Untuk informasi lebih lanjut terkait lomba maupun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP, kiranya berkenan mengunjungi website kami bpip.go.id ataupun menyimak akun-akun media sosial yang telah kami kelola. Terima kasih," pungkasnya.

(ncm/ega)