Sempat Berkibar, Bendera Palestina di Rumah Warga di Karawaci Diturunkan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 17:56 WIB
Bendera Palestina sempat berkibar di rumah warga di Karawaci, Kota Tangerang (Dok.istimewa)
Bendera Palestina sempat berkibar di rumah warga di Karawaci, Kota Tangerang. (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang -

Sebuah foto memuat pengibaran bendera Palestina di daerah Karawaci, Kota Tangerang, viral di media sosial. Dalam foto yang beredar itu terlihat bendera Palestina berkibar di antara bendera Merah Putih.

Peristiwa itu disebut terjadi di perumahan warga kawasan Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Dari dua foto yang beredar, tampak bendera Palestina itu berkibar di sudut rumah warga dan di pinggir jalan raya.

Kasubbag Humas Polres Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim mengatakan bendera tersebut telah diturunkan. Penurunan itu dilakukan hari ini.

"Sudah diturunkan sama Pak Camat," kata Rachim saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (13/8/2021).

Rachim belum mengetahui sejak kapan pengibaran bendera itu dilakukan di lokasi. Dia mengaku baru mengetahui hal itu setelah foto-foto tersebut tersebar hari ini.

Dihubungi terpisah, Camat Karawaci Wawan Fauzi hanya membenarkan bendera itu kini telah diturunkan. Dia mengatakan warga sekitar lokasilah yang menurunkan bendera Palestina tersebut.

"Diturunkan sama warga," kata Wawan Fauzi.

Bendera Palestina sempat berkibar di rumah warga di Karawaci, Kota Tangerang (Dok.istimewa)Sempat berkibar, bendera Palestina di rumah warga di Karawaci diturunkan (Foto: dok. Istimewa)

Pengibaran Bendera Palestina di Depok

Kasus pengibaran bendera Palestina menjelang HUT RI ini diketahui sempat terjadi di beberapa kota. Salah satunya di Beji, Depok.

Pemasangan bendera Palestina itu menuai kritik oleh masyarakat di dunia maya. Tidak sedikit warga yang menilai pemilik rumah tersebut tidak memiliki rasa nasionalisme.

Polisi pun turun tangan menelusuri kebenaran foto viral tersebut. Rumah yang memasang bendera Palestina di Beji, Depok itu, didatangi petugas pada Rabu (11/8) malam.

"Saya semalam sudah datangi rumahnya. Jadi, kalau penjelasan pemilik rumah, itu bendera sisa daripada kegiatan solidaritas Palestina," kata Kapolsek Beji Kompol Agus Khaeron saat dihubungi detikcom, Kamis (12/8).

Pemilik rumah itu diketahui berinisial MTT. Dia mengaku bendera Palestina itu sudah terpasang di rumahnya sejak lama, sisa aksi solidaritas.

"Tidak ada niatan, tidak ada niatan. Itu hanya dulu dari solidaritas Palestina. Saya juga nggak mau berpolemik. Sekarang kan kemerdekaan RI momentumnya biar mengingatkan perjuangan pahlawan ya pasang bendera (Indonesia)," ujar Agus.

Simak juga 'Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Pekalongan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)