Senior PDIP Sebut Politikus Ikan Lele Mau Ubah Demokrasi Jadi Mobokrasi!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 09:14 WIB
wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

PP Muhammadiyah menyerukan semua pihak mewaspadai politikus ikan lele, yang dinilai kerap memperkeruh suasana di tengah masa pandemi. Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut para politikus ikan lele bahkan ingin mengubah demokrasi.

"Seruan yang arif dan dijiwai semangat kebersamaan dan pencerahan. Kami mendukung (Muhammadiyah) dan bersama-sama segenap komponen bangsa siap untuk mempersempit ruang gerak 'politisi ikan lele' tersebut," kata Hendrawan kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Hendrawan lantas menjelaskan lebih lanjut terkait politikus ikan lele sebagai pihak yang ingin terus-menerus bertikai dan menebar benih pertikaian hingga tidak ingin suasana teduh. Menurutnya, para politikus ikan lele ini bahkan hendak mengubah demokrasi di Indonesia.

"Politisi yang suka memecah belah, membuat suasana teduh menjadi keruh, yang suka menebar benih-benih pertikaian, bertentangan dengan semangat kita untuk membangun solidaritas nasional, dan disiplin sosial dalam rangka mempercepat penyelesaian masalah-masalah sosial yang kita hadapi. Apa pun langkah yang kita lakukan dilihat sisi buruknya. Demokrasi mau diubah jadi mobokrasi," jelasnya.

Kemudian Hendrawan menyampaikan cara melawan politikus ikan lele. Dia menyebut caranya adalah dengan memberikan informasi akurat sehingga kecerdasan kolektif masyarakat terhadap persoalan sosial-politik meningkat.

"Kita harus terus-menerus memberikan informasi yang akurat agar literasi masyarakat terhadap persoalan-persoalan sosial-politik meningkat. Kecerdasan kolektif masyarakat akan melelehkan bara dan berahi kekuasaan politisi ikan lele ini," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Cat Ulang Pesawat Kepresidenan: Dikritik PKS-Demokrat, Dibela PDIP':

[Gambas:Video 20detik]