detikcom Do Your Magic

Truk Parkir Makan Badan Jalan Bangka Ternyata Milik Dinas LH DKI

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 20:10 WIB
Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)
Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Foto: Yusuf, warga)
Jakarta -

Sejumlah truk parkir menutupi nyaris setengah badan jalan di Jl Duren Bangka, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel). Diketahui, truk tersebut ternyata milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan Moh Amin membenarkan hal tersebut. Amin menyebut di sekitar Jl Duren Bangka memang terdapat salah satu kantor Satuan Pelaksana (Satpel) Kecamatan Pancoran.

"Karena memang kan teman-teman punya kantor Satuan pelaksana di sana dan memang ada beberapa yang parkir di (sekitar) sana," ujar Amin saat dihubungi, Kamis (5/8/2021).

Amin menjelaskan, tempat parkir untuk armada truk DLH Jaksel belum mencukupi, sehingga truk-truk tersebut terpaksa harus parkir di pinggir jalan.

"Memang kita kan tempat parkir kan kurang. Armada kita lebih dari 400-an, ya karena agak susah," kata Amin.

Truk diminta tak parkir di badan jalan

Amin pun sempat menegur truk-truk tersebut supaya tidak parkir sembarangan. Lebih lanjut, dirinya meminta agar sejumlah truk tersebut dapat segera mencari lahan parkir karena dirasa mengganggu lalu lintas bagi pengguna jalan.

"Tapi saya pernah beritahu untuk cari lahan parkir selain di jalan gitu. Pernah saya tegur karena kan itu jalan cukup ramai kan ya. Kalau saya dulu ada satu dua truk saya suruh pindahin jangan parkir di jalan seperti itu, nanti saya coba saya suruh geser lagi," ucap amin

"Terkait armada jangan parkir sembarangan, cari tempat lain yang memadai, karena mengganggu lalu lintas dan pemandangan," sambungnya.

Dikonfirmasi secara terpisah Kasudinhub Jaksel Susilo Dewanto turut membenarkan terkait hal tersebut. Susilo mengatakan truk-truk tersebut parkir di Jl Duren Bangka dari mulai malam hingga pagi hari.

"Benar, truk yang parkir tersebut milik dari Dinas Kebersihan dan LH Jaksel. Setelah dikonfirmasi ke Satgas Pol PP Kelurahan Bangka kendaraan truk tersebut sejak malam parkir di lokasi tersebut sampai pagi (09.00 WIB) sebelum mengangkut sampah ke Bantar Gebang," kata Susilo.

Lebih lanjut, Susilo mengatakan, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan DLH Jaksel agar kejadian serupa tidak terulang.

"Kasatpelhub Kecamatan Pancoran lagi berkoordinasi dengan rekan-rekan SKPD LH agar ke depannya tidak lagi parkir truk di badan jalan," ucap Susilo.

Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Sumber: Yusuf, warga)Truk-truk parkir berjejer di Jl Duren Bangka, Jaksel, memakan nyaris setengah badan jalan, 5 Agustus 2021. (Foto: Yusuf, warga)

Warga Komplain

Seorang warga senior bernama Yusuf (71) terganggu oleh adanya truk-truk yang parkir berjejer di jalanan yang tak jauh dari Kemang, Jakarta Selatan. Dia mengajukan komplain ke pihak Pemprov DKI Jakarta meminta solusi atas masalah ini.

Truk-truk acap kali diparkir sembarangan di Jl Duren Bangka, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel), tepatnya di seberang SMPN 124 Jaksel. Yusuf melaporkan kejadian tersebut ke Pemprov DKI Jakarta melalui akun Twitter resmi, @DKIJakarta.

Dimintai konfirmasi detikcom Do Your Magic secara terpisah, Yusuf mengatakan parkir liar sejumlah truk di area tersebut bermula sejak awal pandemi COVID-19.

"Sejak PSBB itu, pas awal pandemi Corona betul," ujar Yusuf saat dimintai konfirmasi, tadi.

(dnu/dnu)