Bulog Buka Sentra Vaksinasi COVID-19, Targetkan 1.000 Peserta

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 18:22 WIB
Budi Waseso
Foto: Bulog
Jakarta -

Dalam rangka menyambut HUT RI ke-76, Perum BULOG bersama Mulia Health and Dental Care (MHDC) Group menggelar Sentra Vaksinasi COVID-19 Gratis bagi masyarakat di Gedung Oryza Kantor Pusat BULOG, Jakarta. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, yakni pada 5 hingga 7 Agustus 2021 ini bertujuan untuk membantu pemerintah mempercepat pembentukan herd immunity.

Pelaksanaan sentra vaksinasi tersebut menargetkan 1.000 peserta, dengan perkiraan 300-an warga Jabodetabek yang akan hadir setiap harinya. Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso meninjau kegiatan vaksinasi dengan didampingi pimpinan MHDC Group guna memastikan kelancaran acara.

"Saat ini kita semua sedang berpacu dengan waktu untuk mengejar pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity yang bisa menjadi benteng kekuatan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kita harus bahu-membahu mengajak dan mengingatkan keluarga, saudara, teman ataupun tetangga kita untuk segera mendapatkan vaksin," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah melalui kegiatan BULOG Peduli. Dengan begitu diharapkan target vaksinasi nasional dapat segera terpenuhi, sehingga angka kasus COVID-19 di Indonesia bisa ditekan.

Diungkapkan Budi program vaksinasi yang diselenggarakan BULOG mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah vaksin yang disediakan pada Kamis (5/8) terealisasi 99%. Ia berharap ke depan acara dapat berlangsung lancar dan banyak masyarakat yang mau divaksin. Dengan begitu pandemi COVID-19 dapat terkendali dan situasi di Indonesia bisa kembali pulih.

Sementara itu, Direktur MHDC Group drg. Maemunah Ali menyatakan kesiapannya untuk mendukung Kegiatan BULOG Peduli. Sebab dengan melihat situasi saat ini, ia menilai diperlukan kerja sama yang intens dari semua komponen bangsa, termasuk MHDC.

Lebih lanjut, Maemunah menjelaskan calon peserta vaksin adalah masyarakat yang sudah memenuhi sejumlah syarat, seperti memiliki kondisi tubuh sehat, tidak sedang demam, batuk, pilek, dan istirahat cukup. Sementara masyarakat yang tidak dapat mengikuti vaksinasi yakni orang yang memiliki penyakit komorbid yang tidak terkontrol, misalnya, hipertensi, diabetes, autoimun, tiroid, dan kanker.

(ncm/ega)