Pemkab Asahan Ungkap Stok Vaksin Dosis Pertama Kosong

Perdana Ramadhan - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 18:03 WIB
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Darma Halim Siregar. (Perdana Ramadhan / detikcom).
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Darma Halim Siregar. (Perdana Ramadhan/detikcom)
Asahan -

Stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), untuk dosis pertama kosong. Kekosongan terjadi sudah hampir sebulan ini disebabkan belum turunnya jatah vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

"Untuk yang dosis pertama sudah tidak ada lagi, kosong. Jadi ini seluruh puskesmas di Asahan belum ada membuka vaksin dosis pertama. Sementara untuk dosis dua masih ada tersisa sekitar 400 vial lagi, inilah yang mau kita bagi ke 29 Puskesmas di Asahan," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Darma Halim Siregar, kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut untuk menanyakan ketersediaan vaksin serta masih menunggu informasi dari provinsi.

"Bahkan siang ini kami barusan tanya ke sana jawabannya juga belum ada. Ketika nanti sudah ada vaksin pasti kami langsung jemput," ujarnya.

Bahkan, dia menambahkan, untuk stok vaksin kedua ini, jumlah yang tersedia masih kurang dengan rincian berdasarkan data per 3 Agustus 2021 di Dinas Kesehatan. Vaksinasi di Kabupaten Asahan sudah menyasar 111.030 orang.

"Sementara itu pemberian dosis pertama 41.451 orang, dosis kedua 25.919. Untuk pemberian dosis kedua ini juga kita masih kekurangan," ujarnya.

Sementara itu, update kasus COVID19 di Asahan update terakhir 4 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB, kasus terkonfirmasi sebanyak 1.873, meninggal 156 orang, sembuh 1.525 orang dan kasus aktif 192 orang. Saat ini wilayah Kabupaten Asahan berada di PPKM level 3.

(gbr/gbr)