Suara Mahasiswa

Heboh Demo Jokowi, Ada Berapa 'Cabang' HMI Saat Ini?

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 14:22 WIB
Massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berdemo di depan gedung DPR, Jakarta. Mereka menuntut keadilan untuk Randi yang tertembak saat aksi di DPRD Sultra.
Foto ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) hendak mengadakan demonstrasi di masa PPKM Level 4 ini. Rencana demonstrasi itu menyingkap isu perpecahan internal di tubuh HMI. Jadi, ada berapa HMI sekarang ini?

Rencana demonstrasi terdekat pada 6, 13, dan 16 Agustus besok berasal dari HMI yang dipimpin Pejabat (Pj) Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin. Pemerintah tidak menganggap mereka HMI yang sah.

"Sebaiknya ikuti saja imbauan Ketua Umum yang sah untuk berkontribusi secara positif bagi masyarakat seperti melakukan sosialisasi terkait pentingnya menerapkan 3T (testing, tracing, treatment) dan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas) dan pentingnya vaksinasi, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19; serta membentuk Relawan Penanganan COVID-19 untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19," kata Juru Bicara Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Berdasarkan catatan detikcom, HMI didirikan oleh Lafran Pane (dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi) di Yogyakarta pada 5 Februari 1947.

Selanjutnya, sejarah HMI terus berjalan. HMI menjadi rival kelompok mahasiswa yang dekat dengan PKI, yakni Consentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI). HMI sendiri saat itu dipersepsikan dekat dengan Masyumi. Setelah 1965, PKI bubar, komunisme juga dilarang. Alumnus HMI mulai masuk kabinet pemerintahan.

Pendiri HMI Lafran PanePendiri HMI Lafran Pane (Edy Wahyono/detikcom)

Selanjutnya, HMI Dipo dan HMI MPO:

Simak juga 'Saat Adu Pukul Pendukung Warnai Pemilihan Ketum HMI di Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]