PSSI Mau Gelar Liga 1 20 Agustus, Polri: Izin Belum Terbit

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 21:41 WIB
Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto (Tribrata TV)
Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto (Tribrata TV)
Jakarta -

PSSI ingin menggelar kompetisi Liga 1 2021/2022. Polri menyatakan izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 itu belum diterbitkan karena masih menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19.

"Belum, (izin) belum (terbit). Kita Polri prinsipnya menunggu konfirmasi dari Satgas COVID. Kan harus ada rekomendasi pelaksanaan di sana," ujar Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

Imam menjelaskan, Polri harus menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19 sebelum menerbitkan izin itu. Apabila sudah disetujui, kata Imam, Polri tidak memiliki alasan untuk tidak menerbitkan izin Liga 1.

"Yang kedua, tentunya dengan wilayah ketempatan. Nanti Satgas COVID-19 merekomendasikan seperti apa. Kalau itu sudah oke, kita tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan (izin)," imbuhnya.

Sebelumnya, PSSI mau menggelar Liga 1 2021/2022 mulai 20 Agustus 2021. Tetapi lokasinya penyelenggaraannya menyesuaikan situasi COVID-19, zona hijau prioritasnya.

Adapun keputusan kick off pada 20 Agustus diambil setelah PSSI berkonsultasi dengan Menpora Zainudin Amali dan Mabes Polri. Jadi seri 1, yang seharusnya digelar di klaster Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, ada kemungkinan akan dipindahkan ke klaster lain.

Adapun dua klaster lainnya adalah klaster Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta serta klaster Jawa Timur. Sedianya seri 1 digelar di klaster Banten, Jakarta, Jawa Barat, kemudian seri 2-3 digelar bergiliran ke dua klaster lainnya.

"Seri 1 akan dimulai di zona hijau. Demikian juga untuk series-series selanjutnya akan dilangsungkan di zona hijau," tulis pernyataan resmi PSSI.

(aud/aud)