Kejari Depok Belum Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Damkar, Ini Alasannya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 17:09 WIB
Petugas Damkar Depok Sandi Bongkar Dugaan Korupsi di Dinas Damkar Depok
Petugas Damkar Depok Sandi Bongkar Dugaan Korupsi di Dinas Damkar Depok (Dok. Anggota Damkar Sandi)
Depok -

Kasus dugaan korupsi di Damkar Depok sudah 3 bulan berlalu sejak dibongkar oleh petugas bernama Sandi. Hingga kasus itu diselidiki Kejari Depok, belum ada satu pun tersangka.

"Memang belum sampai ke penetapan tersangka. Mengapa? Karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan di seksi tindak pidana khusus, proses ini berbeda dengan proses sebelumnya yaitu penyelidikan di seksi intelijen. Bahasa gampangnya di seksi intelijen hanya mengupas kulit luarnya mengenai suatu peristiwa yang diduga merupakan tindak pidana," kata Kasie Intel Kejari Depok, Herlangga Wisnu Murdianto dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Herlangga menerangkan jaksa masih terus mendalami dugaan korupsi tersebut hingga cukup bukti untuk ditingkatkan statusnya. Herlangga mengatakan jaksa akan profesional dan berhati-hati untuk menentukan langkah ke depannya.

"Proses hukum masih dalam tahap penyelidikan di seksi tindak pidana khusus. Teman-teman jaksa penyelidik pada seksi tindak pidana khusus masih melakukan pendalaman apakah dugaan tersebut cukup atau tidak untuk ditingkatkan ke tahap selanjutnya yaitu tingkat penyidikan," tuturnya.

"Jaksa penyelidik pidsus akan bertindak profesional dan hati-hati dalam menentukan sikap dapat atau tidaknya kasus ini ditingkatkan ke penyidikan," sambungnya.

Herlangga memastikan pihaknya bekerja secara profesional. Dia meminta masyarakat tidak perlu curiga karena kasus ini bisa terpantau dan terbuka secara umum di setiap perkembangannya.

"Tidak ada yang perlu merasa curiga, penanganan perkara masih berlangsung. Jaksa penyelidik masih profesional, masyarakat pun bisa memantau dan kita terbuka terhadap setiap perkembangan, masyarakat diharap bersabar dan mohon dukungan agar teman-teman di seksi pidsus tetap sehat dalam menjalankan tugas," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya