Suara Mahasiswa

Viral Instruksi Demo Jokowi, PB HMI Pimpinan Raihan Ariatama Membantah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:49 WIB
A group of men and women take part in the protest. People holding posters. Colorful vector illustration.
Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Viral beredar di media sosial, surat instruksi dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang mengajak unjuk rasa pada 6, 13, dan 16 Agustus 2021. Pengurus PB HMI pimpinan Ketua Umum Raihan Ariatama membantah pihaknya mengeluarkan surat instruksi tersebut.

Surat yang beredar adalah surat instruksi kepada Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Se-Indonesia, dan Ketua Umum HMI Cabang Se-Indonesia. Dalam surat itu, disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah gagal dalam pemenuhan hak warga Indonesia selama pandemi. Untuk itu, akan diadakan unjuk rasa serentak yang mereka sebut sebagai #AgustusMerdeka.

Surat itu ditandatangai oleh Pj Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin dan Sekjen M Akbar Hanubun. Surat tersebut bertanggal 2 Agustus 2021/23 Zulhijah 1442 H.

Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat PB HMI, Imam R Nasution, menyebut bahwa HMI di bawah pimpinan Ketum Raihan Ariatama tidak pernah mengeluarkan surat tersebut. Dia memastikan bahwa HMI tidak akan melakukan aksi demonstrasi, khususnya saat massa PPKM Level 4 di beberapa wilayah termasuk DKI Jakarta.

"Kita dari PB HMI tidak ada ikut aksi besar aksi tanggal 6, 13 bahkan tanggal 16, karena pada saat ini kita dari PB HMI terkhusus di Bidang Soskesra sedang fokus agenda-agenda sosial, seperti distribusi bansos, advokasi masyarakat dalam menghadapi PPKM untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Imam saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

"Kita tegaskan kembali kita tidak (menerbitkan instruksi demo itu), karena kita harus bergotong royong untuk Indonesia tangguh dan tumbuh di bulan kemerdekaan ini," katanya.

Imam menyebut, ada sekelompok orang yang mengklaim sebagai pengurus PB HMI. Namun, Imam menegaskan bahwa hasil Kongres XXXI di Surabaya telah menetapkan Raihan Ariatama sebagai Ketua Umum PB HMI.

"Bagi saya hal itu tidak perlu untuk diperdebatkan karena publik sudah tahu acara yang di Surabaya siapa yang membuka, dan menghadiri, yang saat ini dipimpin saudara Ketua Umum Raihan Ariatama," katanya.

Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat PB HMI, Imam Rinaldi Nasution.Ketua Bidang Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat PB HMI, Imam Rinaldi Nasution. Foto: dok. istimwa

Simak juga 'Mahfud: Demo 'Jokowi End Game' Tidak Ada, Provokatornya Kita Temui':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/tor)