Syarat Penerbangan Terkini: Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 12:25 WIB
Jakarta, Indonesia: November 2017 : Jakarta (Soekarno-Hatta) International Airport Terminal 3. Jakarta Aiport is the largest airport in Java and the Terminal 3 is a new terminal opened in 2016.
Syarat Penerbangan PPKM Level 4, Pakai Aplikasi Pedulilindungi -- ilustrasi bandara Soekarno Hatta (Foto: Getty Images/uskarp)
Jakarta -

Syarat penerbangan PPKM level 4 terbaru kini diperbarui. Diketahui pemerintah memberlakukan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 berlaku hingga 9 Agustus mendatang guna menekan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

Aturan terkait PPKM level 4 yang berlaku ini tertuang dalam dua instruksi Menteri Dalam Negeri, yakni Nomor 27 (untuk Jawa-Bali) dan 28 Tahun 2021 (untuk luar Jawa). detikcom merangkumkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi calon penumpang yang akan menggunakan transportasi udara di masa PPKM level 4 saat ini.

Syarat Penerbangan PPKM Level 4

Sesuai dengan Inmendagri terkait pelaksanaan aturan PPKM level 4, berikut sejumlah syarat penerbangan selama PPKM level 4 diperpanjang:

1. Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama);
2) Menunjukkan PCR H-2 untuk pesawat udara
3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1) dan angka 2) hanya berlaku untuk kedatangan dan keberangkatan dari dan ke Jawa dan Bali
4. Tetap memakai masker dengan benar dan konsisten serta tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker
5. Melakukan validasi dokumen syarat penerbangan (vaksin dan hasil tes PCR) melalui aplikasi PeduliLindungi di check point yang telah disediakan pihak bandara

Aplikasi Pedulilindungi untuk Syarat Penerbangan PPKM Level 4 Terbaru

Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) mewajibkan calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam proses keberangkatan. Hal ini untuk mendukung penerapan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi digunakan untuk menunjukkan dokumen hasil tes COVID-19 dan kartu vaksinasi. Aturan yang berlaku sejak 1 Agustus lalu ini dibuat untuk membuat pemeriksaan syarat penerbangan lebih sederhana dan meminimalkan kontak fisik.

Di bandara akan disediakan titik check point QR code reader untuk memindai QR code PeduliLindungi calon penumpang. Apabila setelah dipindai akun PeduliLindungi sudah bisa digunakan untuk memproses keberangkatan, calon penumpang melanjutkan proses ke konter check-in.

"Jika belum, calon penumpang pesawat harus memvalidasi dokumen kesehatan di meja KKP Kementerian Kesehatan di terminal," jelas President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Senin (2/8).

Hasil tes COVID-19 dan kartu vaksinasi akan terunggah otomatis ke PeduliLindungi. Seperti diketahui, melalui SE Menkes Nomor 847/2021 dinyatakan bahwa laboratorium dan fasilitas kesehatan yang melakukan RDT antigen dan PCR wajib melakukan entry data hasil tes ke dalam aplikasi allrecord-tc-19 (New-all Record/NAR). Hasil tes tersebut kemudian akan muncul di akun PeduliLindungi masing-masing calon penumpang pesawat.

Calon penumpang pesawat juga bisa melakukan pengecekan mandiri melalui situs https://cekmandiri.pedulindungi.id untuk melihat status atau kelengkapan dokumen kesehatan digital miliknya.

(izt/imk)