Pengusaha Harjanto Halim Dua Kali Donor Konvalesen

Sudrajat - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 19:12 WIB
Jakarta -

Pengusaha sekaligus pegiat akulturasi di Semarang, Harjanto Halim, mengaku telah dua kali menjadi donor plasma konvalesen. Hal itu dia lakukan sebagai wujud rasa syukur pasca-sembuh dari COVID-19 pada awal Juni lalu. Pemilik PT Marimas Food Semarang itu terpapar Corona justru setelah menjalani vaksinasi dua bulan sebelumnya, Maret 2021. "Awal Juni saya kena, akhir Juni saya jadi donor konvalesen, dan kedua kalinya pada 18 Juli," kata Harjanto kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Saat terpapar COVID, Koordinator Komunitas Tionghoa Semarang itu merasa sekujur tubuhnya linu. Selain itu, dia merasa sakit pada tenggorokan, batuk-batuk, napas sesak, dan penciuman hilang. Tapi kalau cuma mendapatkan itu semua, dia merasa sia-sia. Karena itu Harjanto bertekad kalau diberi kesembuhan harus menjadi donor plasma konvalesen. "Saya berdoa semoga antibodi dan kondisi darah saya cukup bagus untuk bisa jadi donor dan dikabulkan," ujarnya.

Dengan langkah itu, Harjanto mengaku merasa senang dan bangga, karena bisa membantu langsung untuk membantu kesehatan orang lain langsung dari tubuhnya. Langkah ini baginya merupakan kesempatan yang luar biasa sekali.

"Orang bisa menyumbang uang, dan macam-macam tapi kita juga bisa menyumbangkan plasma yang merupakan bagian dari tubuh kita untuk menyelamatkan nyawa orang lain," tutur Ketua Perkumpulan Sosial Boen Hian Tong di Semarang itu.

Ia mengimbau para penyintas COVID lainnya agar juga menjadi donor plasma konvalesen. Sebab, dengan demikian, mereka bisa berbuat baik dan menjadi pahlawan cilik di masa pandemi ini. "Dan saya senang setiap habis donor mendapatkan cendera mata berupa tas dan tumbler dari PMI," ujarnya diiringi tawa.

(jat/jat)