PDIP Tegaskan Baliho Puan Maharani Bukan soal Pilpres, Lalu Buat Apa?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 13:40 WIB
Baliho Ketua DPR RI Puan Maharani mejeng di sejumlah titik jalan di Kota Bandung, Jawa Barat. Baliho itu bertulisan KEPAK SAYAP KEBHINEKAAN.
Baliho Puan di Bandung (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPR RI menjelaskan soal pemasangan baliho bergambar Puan Maharani. F-PDIP mengatakan pemasangan baliho Puan Maharani untuk memperkenalkan Ketua DPR RI itu di daerah-daerah.

Ketua F-PDIP DPR RI Utut Adianto awalnya menjelaskan yang dipasang adalah billboard, bukan baliho. Sebab, billboard tersebut membayar pajak. Selain itu, pemasangan gambar Puan itu tak ada kaitannya dengan Pilpres 2024.

"Kalau untuk pilpres, semua tahu bahwa kewenangan itu ada di Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati. Kewenangan itu diberikan pada saat Ibu dipilih menjadi Ketua Umum Partai kembali 11 Agustus 2019 yang lalu. Nah, kandidatnya siapa, tentu Ibu yang menilai," kata Utut kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Utut kemudian menjelaskan bahwa Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI bekerja dalam diam. Sementara itu, sosok Puan sudah dikenal khalayak ramai namun tak memamerkan yang sudah dikerjakan.

"Sebagai anggota fraksi, kami di DPR RI dipimpin oleh orang yang namanya Puan Maharani. Puan Maharani apakah sudah dikenal publik? Sudah, tetapi kita harus sampaikan bahwa Puan Maharani adalah sosok yang selama ini bekerja, sekali lagi sosok yang selama ini bekerja dalam diam, bukan dalam senyap, dalam diam. Pemahaman diam itu dia tidak pamer-pamer apa yang dia kerjakan, dia solution oriented," ujarnya.

Utut AdiantoUtut Adianto (Dok. detikcom)

Lalu, pada Juni lalu, F-PDIP DPR RI memutuskan dalam pleno meminta anggota fraksi secara ikhlas memasang baliho Puan Maharani di daerah pemilihan atau dapil masing-masing. Menurut Utut, tak ada pemaksaan untuk pemasangan baliho Puan tersebut.


"Nah, untuk itu, kan kita perlu jelaskan kita punya kader loh, namanya Puan Maharani. Dan itu saya ketika pleno fraksi hari Jumat, 18 Juni 2021, saya memang meminta kesediaan secara ikhlas, secara sukarela, teman-teman anggota DPR RI yang ada 128 orang itu di dapil masing-masing. Sekali lagi keikhlasan, bukan paksaan," ucapnya.

PDIP memiliki wakil di 74 dapil dari 80 dapil di seluruh Indonesia. Pemasangan baliho Puan pun bertujuan mengenalkan nama Puan Maharani di dapil-dapil tersebut.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: