Jakarta Diramalkan Tenggelam, Wagub Singgung Program Giant Sea Wall

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 23:02 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta terancam tenggelam pada 10 tahun mendatang seperti proyeksi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya tak akan melakukan pembiaran.

"Tentu kita menghormati pernyataan presiden AS Joe Biden. Tapi kami Pemprov DKI akan berupaya supaya Jakarta tidak tenggelam," kata Riza kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Politikus Gerindra itu kemudian menyinggung sejumlah program yang dicanangkan Pemprov DKI untuk mengantisipasi tenggelamnya Ibu Kota. Salah satunya, pembangunan giant sea wall atau tanggul laut raksasa di Jakarta.

"Memang Jakarta dataran rendah, dikelilingi laut, tapi kita harapkan Jakarta tidak tenggelam dengan berbagai program, air bersih, pipanisasi, program giant (sea) wall, dan lain sebagainya," jelasnya.

Tak hanya itu, Riza juga meminta warga mencintai lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita harapkan Jakarta tidak tenggelam dan tentu yang tidak kalah penting, perilaku masyarakat kita perbaiki untuk tidak membuang sampah sembarangan," imbuhnya.

Sebelumnya, Joe Biden mengatakan kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena Jakarta akan tenggelam.

"Tapi apa yang terjadi, apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," imbuh Biden.

(dwia/dwia)