DPRD DKI akan Bahas Revisi RPJMD Di Puncak Bogor Besok

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 22:34 WIB
M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta bakal menggelar rapat membahas perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan rapat tersebut digelar di Puncak, Bogor.

"Inshaallah mulai besok kami akan bahas dan rapat dilakukan di Puncak. (Tepatnya) di Wisma Jaya Raya," kata Taufik di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (2/8/2021).

Taufik beralasan rapat digelar di luar Jakarta demi mengantisipasi penularan virus Corona di ruang tertutup. Selain menindaklanjuti revisi RPJMD, rapat juga membahas mengenai raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2020.

"Karena COVID, ruangannya (di sana) lebih terbuka," ujarnya.

Politikus Gerindra itu tak menyebutkan kapan pastinya target pembahasan RPJMD rampung. Namun dia mengatakan prosesnya tak akan memakan waktu lama.

"Ini kan nggak terlalu banyak juga. Secepat-cepatnya lah," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengajukan revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan perubahan RPJMD diusulkan lantaran ekonomi Jakarta mengalami kontraksi selama pandemi COVID-19.

"Perubahan RPJMD Provinsi DKI Jakarta juga didasari oleh resesi yang terjadi akibat dampak pandemi COVID-19," kata Riza dalam Rapat Paripurna di DPRD DKI Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Riza menjelaskan ekonomi Jakarta secara tahunan atau year on year (yoy) minus 8,33 persen pada Triwulan II 2020. Meskipun kemudian kondisi ini berlangsung membaik pada triwulan selanjutnya.

Alasan lainnya, revisi RPJMD diajukan untuk merespons pandemi COVID-19 yang ditetapkan sebagai bencana non alam sejak Maret 2020. Riza menilai pembangunan kota Jakarta harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penduduk saat ini.

Soal rapat di puncak, ini bukan kali pertama DPRD DKI gelar rapat di luar ibu kota dengan alasan pandemi COVID-19. Pada Oktober 2020 lalu Komisi B DPRD DKI Jakarta yang menggelar rapat di luar Jakarta. Rapat digelar di Grand Cempaka Cipayung, Bogor. Dengan agenda pembahasan Rencana Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD 2020.

Peserta yang hadir pada rapat ini tak hanya dari anggota dewan, namun juga beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI di bidang perekonomian. BUMD-BUMD milik Pemprov DKI Jakarta pun diundang.

(dwia/dwia)