Luhut Minta Pemimpin Politik Tak Asal Komentar: Kita Harus Kompak!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 20:27 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan materi saat menjadi pembicara pada Diplomasi Maritim Indonesia di Jakarta, Jumat (22/2/2019). Acara tersebut untuk memperluas pandangan antara pembuat kebijakan, akademisi, dan komunitas diplomatik mengenai tujuan pemerintah Indonesia dalam bidang maritim. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Menko Marves Luhut B Pandjaitan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan meminta semua komponen bangsa untuk bersama-sama seirama menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19). Luhut menekankan agar tidak ada komentar-komentar yang belum jelas usai PPKM level 4 diperpanjang.

"Karena ini bukan masalah pemerintah saja, tapi masalah semua bangsa kita ini jadi saya mohon kita semua kompak. Saya berharap supaya kita semua satu, supaya kita semua kompak, jadi jangan pernah ada yang berpikir, 'Karena dia ini bisa selesai', tidak. Ini bukan karena satu orang tapi karena kita rame-rame," ucap Luhut seperti dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (2/8/2021).

Apalagi, lanjut Luhut, belum ada satu pun negara di dunia yang saat ini berhasil menang melawan COVID-19. Negara adidaya, Amerika Serikat, pun disebut Luhut mulai kelabakan karena adanya virus Corona varian Delta.

"Jadi belum ada satu negara pun di dunia yang bisa mengklaim bahwa mereka imun terhadap varian delta ini. Sekarang Amerika pun sudah meningkat pesat dan mereka juga sudah mengubah lagi strateginya," ucap Luhut.

"Jadi saya mohon bangsa ini pun, pemimpin-pemimpin kita dalam bidang politik mana semua, tolong tidak berkomentar kalau komentarnya belum jelas. Kalau mau berkomentar silakan kami sangat senang sekali untuk memberikan penjelasan-penjelasan secara detail kepada siapapun di Republik Indonesia," imbuhnya.

PPKM Level 4 Diperpanjang

Sebelumnya, pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021. Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Jokowi mengatakan PPKM level 4 yang diterapkan pada 26 Juli-2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya. Perbaikan itu di antaranya terkait turunnya kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19.

(dhn/fjp)