Luhut: Pemenuhan Oksigen dan Obat untuk Pasien COVID Makin Baik

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 20:00 WIB
Jakarta -

Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Pandjaitan, menyatakan kebutuhan pasokan oksigen untuk pasien COVID-19 saat ini sudah tertangani. Pemenuhan kebutuhan oksigen dicukupi pemerintah, baik untuk kawasan Jawa maupun luar Jawa.

"Pemerintah juga sudah melihat pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat sudah semakin baik. Saya ulangi, kebutuhan oksigen dan obat sudah semakin baik," kata Luhut dalam siaran pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Pemenuhan kebutuhan oksigen untuk luar Jawa dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Perkembangan pandemi COVID-19 di luar Jawa kini diperhatikan pemerintah karena kurvanya menunjukkan tren menanjak.

"Kami juga berkoordinasi dengan Menko Perekonomian yang menangani di luar Jawa yang sekarang ini kelihatan menaik sehingga oksigennya itu juga bersama-sama kita bisa atasi tekanannya," kata Luhut.

Baru saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan PPKM level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus. Dalam uraiannya, Jokowi menjelaskan kebijakan pemerintah ditopang tiga pilar, salah satunya ketersediaan pasokan oksigen.

Tiga pilar utama yang menjadi tumpuan kebijakan pemerintah menangani pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah yang pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi
2. Penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat
3. Kegiatan testing, tracing, isolasi, dan treatment secara masif, termasuk menjaga BOR (bed occupancy ratio), penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat dan pasokan oksigen.

(dnu/fjp)