Perpanjang PPKM Level 4, Jokowi Kembali Bicara Gas dan Rem

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 19:25 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua daerah memperhatikan langkah dalam mengambil kebijakan di masa pandemi Corona (COVID-19). Jokowi mengatakan gas dan rem kebijakan berkaitan Corona harus dilakukan secara dinamis mengikuti tren kasus Corona.

Awalnya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan, kemudian Jokowi menyampaikan terima kasih ke masyarakat yang telah mendukung kebijakan PPKM yang dibuat pemerintah. Jokowi mengatakan pilihan masyarakat dan pemerintah sama, yakni menghadapi ancaman kesehatan atau ekonomi.

"Pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama, yaitu antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat COVID-19, dan menghadapi ancaman ekonomi, kehilangan mata pencarian dan pekerjaan," kata Jokowi dalam konferensi pers di YouTube Setpres, Senin (2/8/2021).

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan setiap kebijakan perlu diperhatikan betul. Gas dan rem kebijakan harus dilakukan sesuai perkembangan kasus Corona saat ini.

"Untuk itu, gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai perkembangan penyebaran COVID-19 di hari-hari terakhir," katanya.

Jokowi mengatakan pemerintah tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam waktu yang panjang. Jokowi juga mengatakan pemerintah saat ini menentukan tingkat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan data kasus terakhir.

"Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang, kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai data di hari terakhir agar pilihan kita tepat, baik untuk kesehatan maupun perekonomian," tutur Jokowi.

(zap/imk)