Indonesia Dorong Negara ASEAN Beri Bantuan ke Palestina

Zunita Putri - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 15:36 WIB
Menlu Retno Marsudi.
Menlu Retno Marsudi (Tim detikcom)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mendorong negara ASEAN bekerja sama membantu Palestina. Retno menyampaikan itu saat menghadiri ASEAN Ministerial Meeting (AMM) ke-54 di Washington, DC, Amerika Serikat.

"Indonesia menyampaikan statement bahwa Indonesia mendorong negara-negara ASEAN untuk dapat memberi bantuan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita di Palestina," kata Retno usai menghadiri AMM, Senin (2/8/2021).

Retno meminta negara ASEAN bekerja sama dengan United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees (UNRWA) untuk memberikan bantuan ke Palestina. Retno juga mengungkapkan Sekjen ASEAN Commissioner sudah bertemu dengan General UNRWA pada Juni lalu.

"Saya juga mendorong dilakukannya pembahasan mengenai situasi kemanusiaan di Palestina dalam pertemuan ASEAN dengan negara-negara mitra," katanya.

Dalam rapat ini, Retno juga menyampaikan keprihatinan terkait situasi Laut China Selatan. Dia berharap konflik di Laut China Selatan segera selesai.

"Indonesia juga menyampaikan keprihatinan terhadap situasi terakhir di Laut Cina Selatan. Latihan militer dan aktivitas ilegal di kawasan tersebut termasuk IUU Fishing berpotensi mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut," ucapnya.

Menurut Retno, dalam pertemuan tersebut, negara ASEAN meminta semua pihak menahan diri di tengah situasi ini.

"Negara ASEAN agar terus mendorong semua mitra dialog untuk dapat menahan diri dari tindakan yang dapat memicu tensi dan tetap menghormati UNCLOS 1982," katanya.

(zap/imk)