Menkes Ungkap Skenario Terburuk 70 Ribu Kasus Corona Harian Tak Terjadi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:48 WIB
Ilustrasi lawan corona.
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Pemerintah pernah membuat skenario terburuk lonjakan Corona di Indonesia mencapai 70 ribu kasus baru per hari. Skenario terburuk itu tidak terwujud.

"Skenario kami sebelumnya di pemerintah penambahan kasus harian terburuk bisa sampai 70 ribu," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers virtual, Senin (2/8/2021).

Skenario terburuk itu dulu pernah disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, di awal-awal pemberlakuan PPKM darurat. Setelah sejumlah langkah diambil pemerintah, skenario terburuk itu berhasil dicegah.

"Alhamdulillah, yang kami lihat sekarang puncaknya kena di 57 ribu dan kita sudah lihat ada penurunan," ucap Budi.

Puncak Corona di 57 ribu kasus harian itu dicapai selaras dengan peningkatan jumlah tes. Dulu jumlah tes hanya 60-70 ribuan, kini ditingkatkan hingga 200-300 ribu.

"Kami sendiri masih akan meningkatkan testing ini, arahan bapak presiden dan bapak menko terus ditingkatkan. Kalau perlu sampai 300-400 ribu secara bertahap. Supaya kita benar-benar tahu kondisinya seperti apa dan kita bisa segera menangani," papar Budi.

Meski demikian, kondisi ini tidak boleh membuat masyarakat lengah. Presiden Joko Widodo berpesan agar semua elemen masyarakat tetap waspada.

"Kita harus tetap waspada, berhati-hati, jangan lengah. Itu pesan dari bapak presiden," katanya.

Simak video 'Soal Kapan Pandemi Berakhir, Menkes: Terus Terang Saya Nggak Tahu':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)