Ramai Akidi Tio, Mahfud Md Harap Sumbangan Rp 2 T Nyata

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:19 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (YouTube Kemenko Polhukam RI)
Menko Polhukam Mahfud Md (YouTube Kemenko Polhukam RI)
Jakarta -

Keluarga pengusaha Akidi Tio menyumbang Rp 2 triliun untuk penanganan COVID. Nama almarhum Akidi Tio juga ramai dibincangkan seperti soal sosoknya hingga transparansi sumbangan. Menko Polhukam Mahfud Md memilih menunggu realisasi sumbangan tersebut.

Hal ini disampaikan Mahfud Md menanggapi pandangan Hamid Awaluddin soal sumbangan Rp 2 triliun dari almarhum Akidi Tio. Mahfud menyebut pandangan-pandangan kritis memang diperlukan.

"Ini perspektif dari Hamid Awaluddin ttg sumbangan Rp 2 T dari Akidi Tio. Bagus, agar kita tungu realisasinya dgn rasional," kata Mahfud Md di Twitter, Senin (2/8/2021).

Mahfud menyebut pernah menulis tentang pihak yang ingin difasilitasi mencari harta karun untuk sumbangan ke negara. Nyatanya, kata Mahfud, hal itu tidak bisa divalidasi.

"Sy jg prnh menulis ada orng2 yg minta difasilitasi utk menggali harta karun dll yg akan disumbangkan ke negara. Tp tak bs divalidasi," ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud bercerita tentang pengalamannya soal pengakuan-pengakuan bombastis tentang uang. Mahfud berharap sumbangan Akidi Tio nyata.

"Waktu sy menhan ada orng mengaku pny sekoper uang dollar Amerika yg nilai perlembarnya 1000 dollar. Ketika sy tny ke BI diketawain krn USA hny mencetak lembaran uang paling tinggi 100 dollar. Ada jg yg minta dibantu menggali harta karun tp tak jelas. Semoga yg Akidi Tio ini nyata," kata Mahfud Md.

Keluarga pengusaha Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. Dana itu merupakan sumbangan dari enam anak Akidi Tio.

"Keluarga ini sebagian hidupnya ada di Palembang. Jadi Rp 2 triliun itu patungan adik beradik," ujar dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Dermawan, kepada wartawan, Selasa (27/7).

Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko. Penyerahan bantuan itu dilakukan karena keluarga sudah mengenal dekat Irjen Eko.

"Untuk mengingat akan sejarah. Saya kenal almarhum Akidi ini dari anaknya Ahok, yang jualan limun di Aceh Timur," ujar Eko.

Simak Video: Surprise Keluarga Pengusaha Akidi Tio di Balik Donasi Rp 2 T untuk Covid

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)