BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu Terluka Kena Jerat di Indragiri Hulu

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 10:24 WIB
Evakuasi beruang madu di Indragiri Hulu (Dok istimewa)
Foto: Evakuasi beruang madu di Indragiri Hulu (Dok istimewa)
Indragiri Hulu -

Seekor beruang madu terkena jerat warga di Indragiri Hulu, Riau. Binatang dilindungi itu kemudian dievakuasi petugas untuk mendapat perawatan medis.

Informasi diterima detikcom, beruang buas itu terkena jerat pada Sabtu (31/7/2021) di Batang Gangsal, Indragiri Hulu. Lokasi itu adalah lahan terbuka yang dijadikan untuk perkebunan.

"Lokasi beruang terjerat berada di lahan yang dibuka, jenis jerat berupa tali nilon. Jadi langsung dilakukan evakuasi," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, Senin (/7/2021).

Setelah mendapat laporan adanya beruang terkena jerat, tim BBKSDA langsung terjun ke lokasi. Di lokasi, terlihat beruang sudah mengalami luka akibat terkena jeratan dan berusaha melepaskan diri.

"Satwa terjerat pada kaki depan sebelah kanan. Tim melakukan penyelamatan dan mengangkat tubuh beruang untuk segera dilakukan pemeriksaan. Tim medis Balai Besar KSDA Riau diketuai dokter hewan Danang telah mengecek kondisi beruang," katanya.

Suharyono menyebut secara umum satwa dalam kondisi baik, tetapi terlihat kaki kiri putus karena bekas jerat sebelumnya. Sedangkan kaki depan sebelah kanan yang terjerat mengalami luka lecet di permukaan kulit, kuku lepas 2 karena satwa berusaha membuka kandang.

"Walau demikian kondisinya satwa masih sehat dan lincah. Treatment atau tindakan medis yang diberikan adalah pemberian vitamin, antibiotik, antiradang dan analgesik. Bahkan berdasarkan analisa medis, satwa tersebut layak untuk segera dilepasliarkan kembali," katanya.

Terkait insiden tersebut, BBKSDA meminta masyarakat untuk tidak memasang jerat di kebunnya. Sebab dapat membahayakan satwa liar yang dilindungi, sementara untuk pemegang konsesi agar ikut memantau wilayah konsesinya bebas dari jerat.

Lihat juga video 'Jejak-jejak Beruang Madu yang Meresahkan Warga Kelok 44 Agam':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/isa)