Pedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan Dagangan, Ada yang Tak Bermasker

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 09:55 WIB
Pedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan Dagangan
Pedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan Dagangan (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Pasar di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terlihat ramai pedagang pagi ini. Para pedagang mulai mengobral dagangannya hingga turun ke jalan untuk menawarkan dagangan kepada orang yang melintas di hadapannya. Masih ada pedagang yang tidak memakai masker.

Pantauan detikcom, pukul 08.40 WIB, Senin (2/8/2021), para pedagang terlihat berjejer di pinggir jalan. Kali ini, pemandangan pasar di Pasar Minggu amat berbeda. Biasanya, para pedagang menggelar lapak dagangannya, tapi kini mereka membungkus dagangannya dengan plastik dan menjemput pembeli ke jalan-jalan.

Saat tawar-menawar, pedagang terlihat tak mengindahkan maskernya. Masker itu hanya tergantung di leher. Pembeli yang menghampiri tampak tak mempermasalahkan itu dan kembali menawar.

"Bu, bawang, Bu, atau cabai juga ada, Bu, ini, kacang, Bu, 10, 3," ucap pedagang di lokasi.

"Mau kacangnya," kata pembeli.

Tidak ada petugas yang berjaga di lokasi. Padahal, pembeli dan pengunjung kerap berdempetan dan menimbulkan kerumunan.

Para pembeli ini berdempetan juga dengan motor-motor ojek pangkalan. Jalanan menjadi sempit dan terlihat padat.

Pedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan DaganganPedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan Dagangan (Wilda Nufus/detikcom)

Kondisi di pasar saat ini didominasi oleh pedagang saja. Para pembeli yang datang tampak sepi pagi ini. Pembeli terlihat membawa kendaraan. Setelah membeli, mereka kemudian pergi.

Salah satu pedagang sayur, Caslan (55), mengatakan alasannya turun ke jalan menawarkan dagangannya adalah sepinya pembeli jika hanya berjualan di dalam pasar. Oleh karena itu, ia mengaku harus turun ke pinggir jalan.

"Biar laku, nawarin ke orang lewat, kalau di dalem pasar sepi... sepi banget, makanya ini di pinggir jalan," kata Caslan saat ditemui di Pasar Minggu.

Pedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan DaganganPedagang Pasar Minggu Turun ke Jalan Tawarkan Dagangan (Wilda Nufus/detikcom)

Seperti diketahui, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 membolehkan pasar beroperasi. Pasar diizinkan buka dengan jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas dan batas waktu serta mematuhi protokol kesehatan.

PPKM Level 4 ini akan berakhir hari ini. Pemerintah pun akan segera mengumumkan apakah akan memperpanjang PPKM Level 4 atau tidak.

"Iya rencananya demikian (nasib PPKM level 4 diumumkan besok)," kata Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, kepada detikcom, Minggu (1/8).

Lihat juga video 'Sempat Ada Bendera Putih, Pedagang Tanah Abang: Begitu Realitanya':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/yld)