Bobby Bakal Utamakan Penyekatan di Perbatasan Medan-Binjai dan Deli Serdang

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 19:15 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mendapat masukan dari Kapolrestabes Medan dan Dandim 0201 bahwa penyekatan di pintu masuk Medan efektif membatasi mobilitas masyarakat. Karena Medan berbatasan dengan Binjai dan Deli Serdang, Bobby akan memprioritaskan penyekatan di perbatasan Medan dengan dua daerah tersebut.

"Kita kemarin rapat sama Pak Dandim 0201, sama Pak Kapolrestabes Medan, banyak masukan ke kami, ke pemko, ke polres dan kodim tentang efektivitas penyekatan. Yang kami katakan, yang paling efektif itu, kata Pak Kapolres, adalah kita sekat yang masuk Kota Medan. Jadi, karena kita berbatasan dengan Binjai dan Deli Serdang, itu yang utama kita sekat," kata Bobby kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Bobby mengaku nantinya penyekatan yang berada di inti Kota Medan nanti perlahan bakal dikurangi. Hal ini bukan karena tidak efektif, melainkan adanya peraturan baru yang harus diselaraskan dengan penyekatan tersebut.

"Yang di inti Kota Medan, yang di seputar Kota Medan, sekitar 30-an lebih. Sisanya ini perlahan-lahan, walaupun kita buka, nggak langsung. Mudah-mudahan nanti bisa kita kurangi. Karena apa? Bukan karena tidak efektif mengurangi. (Penyekatan) mengurangi (mobilitas)," sebut Bobby.

"Namun sekarang, karena peraturan PPKM level 4 ini sudah memperbolehkan 20 menit (makan di tempat) dan jam buka sampai dengan pukul 21.00 WIB. Kita kekurangan pasukan, untuk mengecek satu per satu tempat makan, ngecek satu per satu pasar yang protokol kesehatannya mulai dilanggar," imbuhnya.

Bobby sendiri masih menunggu keputusan pemerintah perihal tingkat PPKM di Medan. Sebab, apapun keputusannya, tetap berdampak terhadap peraturan yang akan diberlakukan.

"Jadi penyekatan di inti kota bukan tidak efektif. Tapi, karena peraturannya berubah, tentunya efektifitasnya juga akan berubah lagi. Mudah-mudahan nanti ini setelah tanggal 2 (Agustus), kalau pun nanti Kota Medan diperpanjang PPKM level 4-nya, tentunya harus kita sesuaikan, kita beradaptasi dengan peraturan-peraturan yang ada," ucap Bobby.

Seperti diketahui, untuk mengurangi mobilitas masyarakat Pemko Medan awalnya menetapkan 18 titik penyekatan. Titik penyekatan kemudian ditambah lagi hingga menjadi 40 titik. Penyekatan mulai berlaku pukul 07.00-00.00 WIB.

Rincian 40 titik penyekatan di Medan ada di halaman berikutnya.