Jokowi: Rumah Digital Indonesia Wadah Kebersamaan Rayakan Bulan Kemerdekaan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 16:57 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Pemerintah resmi meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) dalam rangka merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Rumah Digital Indonesia merupakan wadah untuk menyemarakkan kemerdekaan di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita merayakannya dengan cara yang berbeda. Kita akan lebih merayakannya dalam dunia virtual yang kita sebut Rumah Digital Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangannya, Minggu (1/8/2021).

Seluruh warga Indonesia bisa berpartisipasi aktif dengan melakukan berbagai kegiatan di Rumah Digital Indonesia, seperti bermain lomba khas 17-an hingga menikmati berbagai kesenian dan budaya khas daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa berinteraksi, berbelanja produk UMKM dari 34 daerah. Selain itu, warga bisa bergotong royong membantu sesama melalui ruang-ruang di Rumah Digital Indonesia.

"Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan bulan kemerdekaan," kata Jokowi.

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia, Putri Tanjung, mengungkapkan Rumah Digital Indonesia akan hadir selama bulan kemerdekaan. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui www.rumahdigitalindonesia.id.

Putri mengatakan Rumah Digital Indonesia juga bisa menjadi media untuk menjelajahi berbagai keindahan alam dan budaya Nusantara. Melalui Rumah Digital Indonesia, lanjutnya, masyarakat bisa lebih mengenal Indonesia.

"Di Rumah Digital Indonesia, kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, bisa berkolaborasi membuat karya, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya," ucap Putri.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan rangkaian jalannya perayaan kemerdekaan RI, mulai dari doa kebangsaan, pidato kenegaraan, sampai upacara peringatan detik-detik proklamasi, juga bisa disaksikan di Panggung Nasional Rumah Digital Indonesia.

"Pemerintah masih menjalankan upacara digelar minimalis sesuai protokol kesehatan ketat, masyarakat berpartisipasi secara daring. Jadi keramaiannya di dunia virtual. Di Rumah Digital Indonesia itu, kegiatan luring bisa disaksikan secara daring," kata Pratikno.

Selain menikmati berbagai konten yang disuguhkan di Rumah Digital Indonesia, masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirimkan konten video menarik bertema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'. Konten ini nantinya akan ditampilkan di berbagai panggung dan ruang di Rumah Digital Indonesia.

Konten bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, dan ide-ide perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya seperti TikTok dengan durasi video minimal 1 menit.

Masyarakat bisa mengirimkan karyanya ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sampai 20 Agustus 2021.

Simak video 'Rayakan Bulan Kemerdekaan, Pemerintah Luncurkan Rumah Digital Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)