Menkominfo: Rumah Digital Indonesia Beri Kesempatan Explore Indonesia via HP

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 19:11 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Telkom Indonesia menggelar konferensi pers soal gangguan internet di Jayapura pascaputusnya kabel laut.
Menkominfo Johnny G Plate (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mendukung penuh Rumah Digital Indonesia. Menurut Johnny, Rumah Digital Indonesia merupakan wujud kecepatan dalam beradaptasi dengan teknologi di masa pandemi COVID-19.

"Gagasan Rumah Digital Indonesia ini satu gagasan yang cerdas gagasan yang luar biasa. Rumah Digital Indonesia ini menjadi bagian yang penting di dalam perayaan di bulan kemerdekaan ini merupakan wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan sebagai negara. Ini merupakan wujud dan kecepatan kita beradaptasi yang memungkinkan keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19," kata Johnny dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

"Ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa ke dalam penghayatan kita terhadap nilai-nilai nasionalisme, patriotisme kita dan secara khusus menyediakan ruang untuk memungkinkan kegembiraan bagi masyarakat di dalam menyongsong dan menyambut hari kemerdekaan kita yang ke-76," sambung dia.

Johnny mengatakan, Rumah Digital Indonesia ini selaras dengan semangat Kominfo untuk mendorong inovasi teknologi. Sebab, melalui Rumah Digital Indonesia, warga bisa memanfaatkan teknologi digital dalam merayakan HUT ke-76 RI di tengah pandemi COVID-19.

"Utilisasi platform digital dalam Rumah Digital itu satu tarikan nafas dan sama dan objektif dengan tugas pokok komite, dengan semangat Kominfo untuk mendorong inovasi teknologi sebagai bagian dari solusi yang membawa manfaat bagi negeri kita dan masyarakat, dan bagi bangsa kita. Jadi Kominfo dukung penuh kegiatan ini. Ini adalah kecepatan adaptasi kita di dalam memanfaatkan teknologi digital, merayakan hari kemerdekaan kita, tetap mempertahankan nilai-nilai patriotisme kita, nasionalisme kita tetapi sekaligus tersedia ruang untuk ekspresi kegembiraan," papar Johnny.

Politikus NasDem itu juga mengatakan, melalui Rumah Digital Indonesia, warga diberi kesempatan untuk menjelajah Indonesia hanya melalui gadget atau gawai.

"Rumah Digital ini memberikan kesempatan kepada kita untuk meng-explore Indonesia, meng-explore Nusantara dari iPad, meng-explore Nusantara dari gadget, dari handphone. Meng-explore republik kita dari handphone ini yang luar biasa. Hebat sekali ini program ini," kata dia.

Sediakan Literasi Digital

Johnny melanjutkan, Rumah Digital Indonesia yang akan bisa diakses pada 1 Agustus 2021 mendatang nantinya akan menyediakan ruang literasi digital. Dalam ruang itu, ada 4 program yang akan diperkenalkan. Program itu yakni program kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

"Jangan sampai digital kita diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kan sekarang ini banyak hoax, disinformasi, malinformasi, misinformasi yang membuat sulit kita untuk berkembang dan bangkit dan memanfaatkan ruang digital kita. Kita juga nanti akan menyiapkan program-program yang berkaitan dengan budaya digital kita perlu membangun digital culture di tingkat masyarakat yang paling dasar," ungkap Johnny.

"Jadi ini sekaligus dimanfaatkan di hari kemerdekaan dan mengajak talenta digital kita untuk lebih mampu melakukan adaptasi dalam ruang digital sehingga ruang digital kita bermanfaat," imbuh dia.

Pesan Jokowi

Johnny pun turut menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait literasi digital. Jokowi, kata dia, meminta agar infrastruktur digital yang telah dibangun di seluruh Tanah Air tidak dimanfaatkan dan dikuasai.

"Jangan sampai infrastruktur yang dibangun besar-besaran ini hilirnya atau ruang digitalnya tidak kita kuasai. Nah ini perlu kita kuasai melalui ruang literasi digital," pungkas Johnny.

(mae/fjp)