Wagub DKI: Warteg Akan Diawasi Satgas COVID Wilayah

Antara News - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 16:43 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Satuan Tugas COVID-19 di wilayah hingga tingkat RT akan mengawasi aktivitas di warteg selama PPKM level 4. Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kerumunan.

"Pengawasannya di tempat-tempat restoran, maupun di rumah makan atau warung Tegal oleh Satgas COVID di setiap wilayah masing-masing," kata Riza, seperti dikutip Antara, Jumat (30/7/2021).

Dalam aturan baru DKI, penjual dan pembeli di warteg diharuskan sudah divaksinasi, terutama untuk warteg-warteg di lokasi sementara dan lokasi binaan Pemprov DKI. Riza pun mendorong agar warga DKI segera mengikuti program vaksinasi pemerintah.

"Kami minta semua segera melaksanakan vaksin sehingga ke mana pun kita pergi, berangkat, menuju ke tempat manapun jauh lebih aman bagi mereka yang sudah divaksin," ucapnya.

Sebelumnya, aturan baru tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas PPKUMK DKI Jakarta Nomor 402 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 COVID-19 yang berlaku hingga 2 Agustus 2021. Waktu makan maksimal 20 menit dengan maksimal orang makan di tempat sebanyak tiga orang. Kemudian maksimal jam operasional tetap hingga pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan data Dinas PPKUMK, saat ini ada 20 Lokbin dan 201 Loksem di Jakarta. Jadi total 221 dengan jumlah pedagang 13.336.

Selain itu, aturan baru mengharuskan pegawai toko swalayan, minimarket, toko kelontong divaksinasi Corona. Termasuk pelaku usaha di pasar tradisional.

(idn/fjp)