Joe Biden Bicara 'Jakarta Tenggelam', PKB Tunggu Bola Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 14:46 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR RI fraksi PKB, Luqman Hakim
Luqman Hakim (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung proyeksi Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi serta menyebut Ibu Kota Indonesia itu harus pindah jika tak ingin terendam air. PKB menilai pernyataan Joe Biden selaras dengan rencana Jokowi membangun ibu kota negara baru di Kalimantan.

"Prediksi Amerika mengenai kemungkinan Jakarta tenggelam akibat perubahan iklim sebenarnya bukan hal baru. Lebih dari sepuluh tahun lalu, beberapa ilmuwan dan pegiat lingkungan hidup Indonesia dan dunia sudah mengingatkan ancaman Jakarta akan tenggelam akibat pembangunan dunia yang merusak lingkungan hidup," kata Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB Luqman Hakim kepada wartawan, Jumat (30/7/201).

"Pernyataan Joe Biden itu selaras dengan rencana Presiden Joko Widodo untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur," imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI menjelaskan, di dalam Prolegnas 2021, DPR dan Presiden Jokowi sepakat untuk membahas RUU IKN. Jika Surat Presiden dan draf RUU IKN sudah disampaikan, DPR akan menindaklanjuti dengan pembahasan yang melibatkan partisipasi publik secara luas.

"Untuk persiapan pembangunan fisik IKN, tentu saat ini bukan prioritas mengingat kita sedang menghadapi bencana nasional COVID-19. Anggaran dan energi negara ini harus dikonsentrasikan untuk mengatasi pandemi COVID-19 dengan semua dampaknya," ujarnya.

Dengan demikian, kata Luqman, DPR sangat siap membahas RUU IKN, sebagai landasan yuridis rencana pemindahan IKN. Namun kini bola rencana pemindahan ibu kota negara baru berada di tangan Presiden Jokowi.

"DPR menunggu bola dari Presiden. Tetapi, untuk pelaksanaan pembangunan konstruksi fisik IKN, harus ditunda sampai bencana nasional COVID-19 berlalu," imbuhnya.

Joe Biden Bicara Proyeksi Jakarta Tenggelam

Pernyataan soal Indonesia itu disampaikan Biden saat mengunjungi Kantor Direktur Intelijen Nasional. Dikutip dari situs resmi White House, Jumat (30/7), pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya di depan para pemimpin badan intelijen di AS.

Joe Biden mengatakan kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: