PT KCI Targetkan Buka Gerai Vaksinasi COVID-19 di 20 Stasiun Jabodetabek

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 12:12 WIB
Suasana Vaksinasi di Stasiun Duri
Suasana vaksinasi di Stasiun Duri (Annisa/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) berencana membuka gerai vaksinasi COVID-19 di stasiun Jabodetabek. Saat ini PT KCI sudah membuka gerai vaksin di beberapa stasiun, salah satunya Stasiun Duri.

Pantauan detikcom di Stasiun Duri, Jakarta Barat, Jumat (29/7/2021), terlihat sudah ada beberapa warga melakukan vaksinasi di sana. Sejak pukul 09.00 WIB hingga siang ini, total yang sudah divaksinasi ada 188 orang.

Salah satu warga yang divaksinasi bernama Ika (39). Dia mengaku senang mengikuti vaksinasi di stasiun yang diselenggarakan PT KCI. Ika mengatakan dua bulan lalu dia sempat dinyatakan positif COVID-19 karena itu dia antusias mengikuti vaksinasi.

"Dua bulan lalu saya positif. Itu saya nggak tahu ketularan dari mana. Makanya pas sekarang sudah sembuh, dan kebetulan saya belum divaksinasi, ya saya ikut. Saya nggak mau kena lagi, nggak enak rasanya," kata Ika saat ditemui di lokasi.

Dia berharap, melalui vaksinasi, virus COVID-19 dapat berakhir. Dia pun meminta masyarakat aktif mencari informasi agar mendapatkan vaksinasi.

"Kalau udah positif itu nggak enak. Makan juga kagak ada rasanya. Mumpung sehat, selagi bisa, divaksin. Katanya juga kan beda ya orang yang divaksin kalau positif itu gejalanya nggak separah yang belum divaksin," tutur Ika.

Target Gerai Vaksin di 20 Stasiun

Sementara itu, VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan pihaknya berencana mengadakan gerai vaksin di 20 stasiun Jabodetabek. Langkah ini diambil lantaran KCI hendak membantu pemerintah dalam mendistribuskan vaksin.

"Target kami kami bisa bantu vaksinasi di 20 stasiun, dan saat ini sudah ada 6 stasiun yang terkonfirmasi, tapi nanti jadwal ya akan kami update terus di WhatsApp atau di medsos kami," kata Anne.

VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne PurbaVP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba

Anne mengatakan saat ini PT KCI baru membuka gerai vaksin di 6 stasiun, salah satunya yang sudah beroperasi Stasiun Duri. Dia mengatakan PT KCI akan terus berkoordinasi dengan pemda terkait gerai vaksin ini.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan pemda untuk di stasiun-stasiun berikutnya," ujarnya.

Stasiun Duri, kata Anne, sudah empat kali membuka gerai vaksin. Gerai vaksin di Stasiun Duri berlangsung hingga Agustus mendatang.

Setiap harinya, ditargetkan ada 150-300 masyarakat sekitar yang divaksinasi di Stasiun Duri. Anne melihat antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti vaksinasi.

"Kita sampai Agustus ya di Stasiun Duri. Untuk waktunya itu setiap hari jam 10.00-14.00 WIB. Tapi kan ada undangan dari puskesmas juga itu pagi, tujuannya pengguna commuter line biar nggak ikut juga di jam sibuk," pungkas Anne.

(zap/zap)