Round-Up

Titik Terang Influencer Ngaku Terima Vaksin Ketiga di DPRD DKI

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 05:54 WIB
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta di Jl Kebon Sirih
Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom
Jakarta -

Heboh isu influencer diduga mendapat suntikan vaksin ketiga di DPRD DKI menemukan titik terang. Pihak DPRD DKI menegaskan tidak ada agenda penyuntikan vaksin booster di gedungnya.

Anggota DPRD DKI Jakarta, Syarif, awalnya menyebut temuan yang viral di media sosial ini patut diselidiki agar terungkap kebenarannya. Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini mengatakan sudah mengonfirmasi kebenaran isu itu ke Dinkes DKI Jakarta.

Syarif menerangkan perlunya dilakukan investigasi lantaran isu tersebut rentan terhadap kepercayaan masyarakat Jakarta.

"Isu ini sangat sensitif di tengah pentingnya kepercayaan publik terhadap kebijakan pemerintah. Jangan sampai kejadian ini membuat kepercayaan publik merosot," kata Syarif, Rabu (29/7/2021).

Sementara itu Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta Augustinus menegaskan tidak pernah ada kegiatan vaksinasi ketiga di gedungnya. Augustinus meyakini isu influencer mendapat jatah vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di DPRD DKI hoaks belaka. Sebab, vaksinasi yang diterima oleh DPRD baru jenis Sinovac dan AstraZeneca.

Sedangkan untuk vaksin ketiga saat ini baru diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan menggunakan Moderna.

"Jadi kita tidak ada vaksin atau booster menggunakan Moderna. Boleh datang ke kami, kami siapkan data. Karena kami report setiap hari, vaksin yang kami terima dan berapa orang yang divaksinasi per hari itu kan di-report. Datanya ada. Mungkin itu hoaks," tegasnya.

Meski sudah menegaskan tidak ada kegiatan vaksin ketiga, pihak DPRD tetap melakukan penelusuran isu viral influencer dapat vaksin ketiga. Apa hasilnya?