Wujudkan Akselerasi Digital Indonesia, TelkomGroup Perkuat Nilai AKHLAK

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 17:06 WIB
Telkom
Foto: Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk merayakan penerapan nilai dasar AKHLAK sebagai pijakan kerja dan aktivitas seluruh elemen Telkom selama satu tahun belakangan. Perayaan ini dilakukan melalui Peringatan 1 Tahun AKHLAK bertema "Bagiku & Keluargaku" yang berlangsung secara virtual.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengungkap tema peringatan acara ini menggambarkan bahwa core values AKHLAK diimplementasikan tidak hanya dalam lingkungan pekerjaan. Akan tetapi juga dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Menurutnya, acara ini sekaligus menjadi salah satu wujud dukungan TelkomGroup terhadap program Kementerian BUMN.

Dalam kesempatan ini, Ririek menyebutkan transformasi sumber daya manusia (SDM) oleh TelkomGroup menjadi bagian penting dari transformasi perusahaan menjadi digital telco. Khususnya, dalam rangka mengembangkan talenta digital yang mampu beradaptasi dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Ia pun menjelaskan upaya transformasi SDM di TelkomGroup harus dilakukan dengan nilai-nilai dasar yang kuat. Untuk itu, Ririek menilai internalisasi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang dilakukan pihaknya harus dipastikan berjalan sungguh-sungguh, konsisten, dan konsekuen.

Lebih lanjut, Ririek menekankan selama setahun terakhir Telkom telah cukup berhasil memulai penerapan core values AKHLAK di lingkungan internal perusahaan. Hal ini dibuktikan oleh Telkom yang meraih gelar Juara Umum pada ajang perdana AKHLAK Award 2021. Ia menambahkan ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bersama ACT Consulting Internasional beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pencapaian yang membanggakan ini didapatkan berkat kontribusi dan kerja sama seluruh karyawan dalam mengimplementasikan AKHLAK selama satu tahun di lingkungan TelkomGroup.

"Untuk itu, saya pribadi dan mewakili jajaran direksi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi dedikasi serta kontribusi rekan-rekan dalam menyukseskan implementasi AKHLAK di lingkungan TelkomGroup. Diharapkan, melalui pencapaian ini dapat memotivasi seluruh karyawan, termasuk saya dan seluruh jajaran direksi selaku role model, untuk semakin meningkatkan internalisasi dan implementasi core values AKHLAK dalam setiap pekerjaan," kata Ririek dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

"Namun demikian, pencapaian ini bukanlah tujuan akhir perjalanan. Menjadi yang terbaik adalah sebuah keharusan, namun memenangkan persaingan adalah hal mutlak," imbuhnya.

Ririek pun berpesan kepada seluruh insan TelkomGroup agar dapat terus menerapkan core values AKHLAK.

"Dengan berlandaskan core values AKHLAK, mari perkuat sinergi untuk terus melahirkan karya terbaik dengan inovasi tiada henti dalam mendorong transformasi digital untuk Indonesia yang lebih baik," ajaknya.

Sementara itu, Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro turut mengajak insan TelkomGroup untuk mempertegas implementasi core values AKHLAK. Ia berharap core values ini dapat menjadi perilaku keseharian.

"Bersama kita berkomitmen untuk memperkuat karakter AKHLAK dalam perilaku keseharian di lingkungan TelkomGroup. Dengan berlandaskan core values AKHLAK, mari kita berperan aktif untuk mencapai visi misi perusahaan, mewujudkan keberhasilan perusahaan dan mendukung transformasi digital Indonesia sejalan dengan program pemerintah," ujar Bambang.

Dalam kegiatan ini, lanjut Bambang, dilakukan juga penyerahan apresiasi bagi pemenang Kompetisi FUNTASTIC AKHLAK Video Challenge oleh Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi, pemberian apresiasi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah kepada anak perusahaan pemenang AKHLAK Award 2021, serta Deklarasi Komitmen Insan TelkomGroup untuk menjalankan core values AKHLAK secara sungguh-sungguh.

Ia menerangkan, tak hanya menjadi Juara Umum dan pemenang pada tiga kategori di ajang Akhlak Award 2021, Telkom melalui beberapa anak perusahaan juga berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan pada acara yang sama dari kategori anak perusahaan BUMN.

Ia menyebutkan anak perusahaan Telkom yang meraih penghargaan antara lain Telkomsel, Telkom Infra, Yakes, PINS, Telkomsat, Metranet, Mitratel, Telin, Dapen, dan Telkom Akses.

Bambang menilai keberhasilan menerapkan core values AKHLAK yang dilakukan pihaknya tak lepas dari gerak cepat Telkom mengimplementasikan core values tersebut. Bahkan, sejak ditetapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada 1 Juli 2020.

Ia menjelaskan implementasi nilai AKHLAK dimulai dari ikrar dan komitmen sejak 23 Juli 2020, sosialisasi ke seluruh karyawan, dan internalisasi melalui Training Living in The Grand Why AKHLAK yang diikuti oleh 9.000 peserta dan dihadiri 108 BUMN sebanyak 10 batch.

Selain itu, Telkom juga melaksanakan e-learning yang diikuti oleh 24.848 karyawan dan acara puncak Culture Festival 2020 TelkomGroup secara virtual yang dihadiri lebih dari 24.000 peserta (termasuk BUMN lain dan masyarakat) pada Desember 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi mengatakan pihaknya memiliki tantangan untuk dapat mempertahankan, serta meningkatkan prestasi sebagai Best BUMN di AKHLAK Award. Ia berharap di tahun 2021 pihaknya bisa meningkatkan prestasi dengan hasil pengukuran yang lebih baik.

Untuk itu, ia pun meminta kepada seluruh pimpinan unit, termasuk direktur anak perusahaan dengan dibantu para culture agent dan culture booster, untuk semakin meningkatkan index implementasi Core values AKHLAK yaitu Indeks Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Sebagai informasi, peringatan yang berlangsung melalui video conference ini dihadiri oleh seluruh jajaran Komisaris, Direksi, Serikat Karyawan, dan Srikandi TelkomGroup. Kegiatan ini juga disaksikan melalui live streaming oleh seluruh milenial dan insan TelkomGroup beserta keluarga.

(mul/mpr)