Hasil Penelusuran DPRD DKI Soal Influencer Ngaku Disuntik Vaksin Ketiga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 16:27 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan Gedung DPRD DKI Jakarta ditutup sementara karena banyak anggota yang terpapar Corona.
Foto: Gedung DPRD DKI Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

DPRD DKI Jakarta telah menelusuri influencer yang disebut-sebut mendapat vaksin ketiga atau booster COVID-19. Ternyata, influencer berinisial T itu pernah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua di DPRD DKI Jakarta.

" Terkait ada yang mem-posting di tanggal 27 Juli jam 9 pagi. Kami tadi pagi sudah koordinasi bersama tim medis bahwa atas nama, inisialnya T mem-posting di IG. Ini kami ingin lihat di CCTV kami apakah karena beliau datang ke sini tapi yang bersangkutan itu memang melakukan vaksinasi 1 dan 2 di DPRD," kata Plt Sekretaris Dewan (sekwan) DPRD DKI Jakarta Augustinus kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Augustinus menjelaskan T menjalani penyuntikkan vaksin pertama dan kedua masing-masing tanggal 3 Juni dan 1 Juli. Vaksin yang disuntikkan berjenis Sinovac.

Sebagai informasi, di tanggal tersebut pelayanan vaksinasi di DPRD DKI sudah dibuka untuk umum. Sebelumnya, vaksinasi di lokasi tersebut hanya diperuntukan untuk lingkup internal DPRD DKI.

"Memang diawali dari anggota dewan dulu terus pegawai sekretariat DPRD beserta yang bekerja di gedung ini namun menggunakan Sinovac dan AstraZeneca," ujarnya.

Pihaknya juga telah mengecek rekaman CCTV dan daftar hadir peserta vaksinasi pada hari T mem-posting soal booster COVID-19. Hasilnya, dia tidak menemukan keberadaan T di gedung DPRD DKI di hari tersebut.

"Kalau di data kami tidak ada di tanggal 27 untuk dilakukannya vaksin, tidak ada. Tapi track record memang ada Juni dan Juli (vaksin dosis 1 dan 2) dan tidak mungkin ya jedanya (secepat) seperti itu," ujarnya.

Sejauh ini, DPRD DKI belum memutuskan akan membawa kasus ini ke ranah hukum. Yang jelas, dia memastikan informasi tersebut hoaks.

"Tapi ya ini berita hoaks, Pak Ketua juga tidak mau menanggapi terlalu serius atau membawanya ke ranah hukum. Ini kami juga tidak tahu apakah kita akan tindaklanjuti yang bersangkutan coba kami hubungi tapi tidak diangkat, kami pengen tahu kronologi seperti apa sampai bisa posting hal seperti itu," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, seorang influencer diduga mendapatkan booster atau vaksin Corona ketiga di DKI Jakarta viral di media sosial. Dalam tangkapan layar itu terlihat logo DPRD DKI. "9:18 AM Tuesday vaccine shot x 3:Booster," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menegaskan saat ini Jakarta baru menyuntikkan dosis vaksin ketiga COVID-19 hanya untuk nakes. Vaksin yang diberikan berjenis Moderna.

Simak juga 'WHO Bolehkan Kombinasi Vaksin Jika Ada Kendala Dapatkan Dosis Kedua':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)