Bupati Musi Banyuasin Cek Warga Isoman, Beri Bantuan Obat hingga Vitamin

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 15:15 WIB
Bupati Musi Banyuasin mengecek warga yang isoman (Dok istimewa)
Bupati Musi Banyuasin mengecek warga yang isoman. (Dok. Istimewa)
Musi Banyuasin -

Bupati Musi Banyuasin di Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin, mengecek warga yang isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19. Kehadirannya bertujuan memastikan pengawasan dan kebutuhan warga terpenuhi dengan baik.

Grebek warga isolasi mandiri itu sebagai inisiasi Isoman Care dan Grebek Isoman. Di mana kepala daerah inovatif Indonesia ini door to door menyambangi pasien isoman dan warga terdampak COVID-19.

Warga tampak terkejut dan tak menyangka 'digerebek' langsung orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate itu. Bahkan sejumlah kecamatan hingga pedesaan didatangi langsung oleh bupati untuk memastikan kondisi warga yang sedang isoman di kediaman masing-masing.

"Kita tahulah, mereka yang isoman karena terpapar COVID-19 ini tak bisa beraktivitas sementara saat isolasi. Tentu mereka yang berpenghasilan menjadi terkendala, karena itu, butuh bantuan dan harus kita bantu dan beri semangat," terang Dodi kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Ketua Kadin Sumsel itu mengaku, pada kondisi saat ini, selain semangat, warga sangat membutuhkan bantuan untuk tetap bisa bertahap hidup sehari-hari. Program Isoman Care dan Grebek Isoman diharapkan bisa menjadi solusi.

"Lewat program Isoman Care, Gerebek Isoman ini, kita bawa sejumlah kebutuhan pokok, vitamin, obat-obatan, dan uang tali asih untuk keluarga yang terdampak COVID-19. Dengan harapan mengurangi sedikit beban warga masyarakat Muba," katanya.

Bupati Musi Banyuasin mengecek warga yang isoman (Dok istimewa)Bupati Musi Banyuasin mengecek warga yang sedang menjalani isoman. (Dok. Istimewa)

Sebagai tindak lanjut, ia mengerahkan para OPD di lingkungan Pemkab Muba hingga camat di seluruh wilayah Muba. Seluruh anak buahnya diminta bergerilya melihat masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Saya mengajak para OPD dan camat untuk lebih peka memenuhi kebutuhan pasien dan warga terdampak COVID-19. Tak henti-hentinya kita terus berdoa agar pandemi ini segera berlalu," katanya.

Seorang warga, Junaidi, mengaku kaget saat rumahnya dicek langsung sang bupati. Apalagi ia bersama istri dan anaknya kini tengah menjalani isolasi akibat terpapar COVID-19.

"Kami satu keluarga melaksanakan isoman. Saya beserta istri dan anak terpapar COVID-19. Hari ini kami benar-benar kaget Pak Bupati tiba-tiba datang di depan rumah menanyakan kondisi dan membawa bingkisan untuk keluarga kami," kata Junaidi.

Meski singkat, kedatangan Bupati sangat berkesan bagi Junaidi dan keluarga. Senada diucapkan Salamun (47), warga Dusun Lumpatan yang sehari-hari berprofesi sebagai sopir, ia mengaku kaget bukan kepalang saat Dodi hadir di depan rumahnya.

"Kalau tidak sedang terpapar COVID-19 sudah saya peluk Pak Bupati ini, keluarga saja belum tentu mau berani datang ke depan rumah kami untuk berkunjung dengan kondisi saat ini," ungkap Salamun.

Salamun mengaku banyak bingkisan yang dibawa Bupati Dodi Reza untuk dia dan keluarga. "Ada kebutuhan pokok dan sejumlah uang yang diberi untuk kami. Ini sangat membantu keluarga kami di kondisi saat ini," ucapnya.

(ras/isa)