Cek PeduliLindungi.id untuk Download Sertifikat Vaksin, Ini Caranya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 14:13 WIB
Cek PeduliLindungi.id untuk Download Sertifikat Vaksin, Ini Caranya
Cek PeduliLindungi.id untuk Download Sertifikat Vaksin, Ini Caranya (Foto: Dok. PeduliLindungi)
Jakarta -

Website pedulilindungi.id disediakan untuk mengunggah sertifikat vaksin Corona. Diketahui sertifikat tersebut dibutuhkan sebagai syarat untuk sejumlah kegiatan di DKI Jakarta selama perpanjangan PPKM level 4.

Perpanjangan PPKM level 4 dimulai sejak 26 Juli lalu hingga 2 Agustus 2021. Sejumlah kegiatan mulai perjalanan udara hingga mengunjungi resto-kafe outdoor membutuhkan syarat sertifikat vaksin.

Lalu bagaimana untuk men-download sertifikat vaksin? detikcom merangkumkan informasinya berikut ini:

Kunjungi PeduliLindungi.id untuk Sertifikat Vaksin

Mengutip dari situs Satgas COVID-19, untuk mengecek sertifikat vaksin Corona, bisa mengunjungi situs https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat, berikut caranya:

Untuk yang belum memiliki akun:

1. Jika belum memiliki akun, kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengklik 'buat akun' dan mengisi data diri yang diminta.

2. Setelah mengisi data diri, kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirim melalui e-mail atau nomor ponsel. Isi kode yang diminta dan akun PeduliLindungi sudah selesai dibuat.

Untuk mengecek sertifikat vaksin:

3. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung memasukkan nomor ponsel atau alamat e-mail di kolom yang diminta, kemudian klik 'login sekarang'

4. Kamu akan kembali diminta memasukkan kode OTP yang dikirim melalui e-mail atau nomor ponsel. Masukkan kode yang diminta dan lakukan verifikasi.

5. Kemudian akan muncul kolom pemeriksaan sertifikat vaksinasi COVID-19. Isi data diri yang diminta dengan lengkap. Kemudian klik 'periksa'

6. Sertifikat vaksinasi pertama dan kedua akan muncul di laman PeduliLindungi. Kamu bisa langsung mengklik dan mengunduh sertifikat sebagai syarat yang dibutuhkan untuk sejumlah kegiatan.

Daftar Kegiatan di Jakarta yang Butuh Syarat Sertifikat Vaksin

Setelah mengunjungi situs web PeduliLindungi.id untuk unggah sertifikat vaksin, masyarakat bisa menggunakannya sebagai syarat sejumlah kegiatan. Di DKI Jakarta yang melaksanakan perpanjangan PPKM level 4, sejumlah kegiatan mewajibkan sertifikat vaksin, berikut daftarnya:

1. Perjalanan Kereta Api, Bus, dan Pesawat

Sertifikat vaksin COVID-19 harus dilampirkan untuk calon penumpang sebagai syarat perjalanan. Selain itu, hasil negatif PCR untuk penumpang pesawat dan antigen untuk bus dan kereta api juga tetap diwajibkan.

2. Menghadiri Pernikahan

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan gelaran akad nikah selama PPKM level 4 dengan penyesuaian. Maksimal tamu undangan hanya 30 orang dan sudah memiliki sertifikat vaksin Corona.

Aturan baru ini tertuang dalam SK Kadisparekraf DKI Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 COVID-19 di Sektor Usaha Pariwisata. Disebutkan kegiatan akad nikah diizinkan sampai pukul 20.00 WIB.

Aturan ini berlaku untuk kegiatan akad nikah, pemberkatan, upacara pernikahan di hotel dan gedung pertemuan, serta pertemuan yang sudah memiliki izin penyelenggara. Seluruh keluarga dan petugas diwajibkan sudah divaksinasi.

"Penyediaan makanan dalam akad nikah hanya diperbolehkan dalam tempat tertutup dan untuk dibawa pulang. Seluruh keluarga/tamu dan petugas diwajibkan sudah melakukan vaksinasi (dibuktikan dengan sertifikat vaksin)" tulis SK Kadisparekraf.

3. Makan di Resto-Kafe Outdoor

Sertifikat vaksin juga menjadi syarat untuk makan di restoran-kafe outdoor di Ibu Kota. Kapasitas pengunjung di resto dan kafe outdoor hanya dibolehkan 25 persen dan dibatasi waktu makan maksimal 20 menit.

Aturan dine in ini hanya diperbolehkan sampai pukul 20.00 WIB. Restoran juga dilarang menampilkan live music dan DJ.

4. Kunjungi Salon-Cukur Rambut

Sertifikat vaksin juga menjadi syarat jika hendak mengunjungi salon dan tempat cukur rambut. Salon dan barbershop diizinkan beroperasi yang lokasinya tersendiri dan tidak berada di mal.

"Hanya melakukan pelayanan/perawatan rambut dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. Karyawan dan pengunjung diwajibkan sudah melakukan vaksinasi (dibuktikan sertifikat vaksin)," demikian isi SK tersebut.

5. Masuk Pasar

Aturan baru pun diterapkan bagi pedagang maupun pengunjung Pasar Blok A dan Blok B Tanah Abang, yakni wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.

Simak video 'Pemerintah Upgrade PeduliLindungi Optimalkan Tracing Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)