Waspadai Penipuan Modus Satgas Pungli Mengatasnamakan KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 13:19 WIB
Film dokumenter KPK Endgame ditonton oleh pegawai tak lolow TWK.
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK menerima informasi adanya pihak yang mengaku Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia dan mengaku bekerja sama dengan KPK. KPK memperingatkan semua pihak agar berhati-hati.

"Komisi Pemberantasan Korupsi menerima informasi tentang adanya pihak yang mengaku berafiliasi dan bekerja sama dengan KPK dengan mengatasnamakan Satgas Pungli dari Lembaga Aliansi Indonesia," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Berdasarkan informasi, lanjut Ali, pihak yang mengaku-aku itu beraksi di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar). Ali meminta masyarakat waspada jika ada pihak yang mencantumkan logo KPK pada atributnya.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati pada pihak yang mengaku bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dan mencantumkan logo KPK pada atribut atau produknya," ujarnya.

Ali menerangkan banyak lembaga yang memiliki logo yang mirip dengan KPK. Namun Ali memastikan mereka tidak terafiliasi dengan KPK.

"Banyak juga lembaga yang memiliki nama mirip dengan KPK. Kami pastikan lembaga tersebut tidak memiliki hubungan kerja sama dengan KPK RI," katanya.

Pada kesempatan berbeda, Ali menyebut pihak yang mengaku Satgas Pungli itu mengenakan logo dan tanda pengenal anggota mirip KPK. "Dikhawatirkan nama dan logo yang mirip KPK disalahgunakan," ucap Ali kepada detikcom.

KPK mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan bila mendapatkan informasi sejenis dapat mengkonfirmasi melalui call center 198 atau e-mail 198@kpk.go.id dan informasi@kpk.go.id.

Simak juga 'Novel Baswedan Sebut Pemberantasan Korupsi Dimulai dari Penegak Hukum':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)