DPRD DKI Telusuri Sosok Influencer yang Ngaku Disuntik Vaksin Ketiga

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 11:49 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan Gedung DPRD DKI Jakarta ditutup sementara karena banyak anggota yang terpapar Corona.
Gedung DPRD DKI Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Viral seorang influencer diduga mendapatkan booster Corona atau vaksin ketiga. DPRD DKI Jakarta menelusuri sosok influencer yang mengaku disuntik vaksin ketiga di gedungnya.

"Sedang kami verifikasi ke tim medis atas nama yang bersangkutan," kata Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta Augustinus saat dimintai konfirmasi, Kamis (29/7/2021).

Augustinus mengatakan akan mengecek daftar penerima vaksin COVID-19 melalui tim medis DPRD. Setelahnya, dia akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk penelusuran lebih lanjut.

"Rencana siang ini akan saya rapatkan dengan tim tenaga kesehatan di Setwan bersama PPKP pemda DKI," ujarnya.

Augustinus juga memastikan isu influencer disuntik vaksin COVID-19 di DPRD DKI adalah hoaks. Saat ini, DPRD DKI baru menyelenggarakan vaksinasi dosis pertama dan kedua menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca serta tidak mengadakan vaksin ketiga.

"Itu saya rasa hoaks ya. Mungkin fotonya memang di gedung kami," tegasnya.

"Jadi kita tidak ada vaksin atau booster menggunakan Moderna. Boleh datang ke kami, kami siapkan data," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, seorang influencer diduga mendapatkan booster atau vaksin Corona ketiga di DKI Jakarta viral di media sosial. Dalam tangkapan layar itu terlihat logo DPRD DKI. "9:18 AM Tuesday vaccine shot x 3:Booster," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menegaskan saat ini Jakarta baru menyuntikkan dosis vaksin ketiga COVID-19 hanya untuk nakes. Vaksin yang diberikan berjenis Moderna.

"DKI Jakarta mulai memberikan vaksinasi dosis ketiga untuk nakes. Dilakukan secara bertahap dimulai sejak minggu lalu," kata Dwi saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7).

Dwi juga menjelaskan sementara ini penyuntikan 'booster' vaksin ketiga hanya di rumah sakit vertikal yang ada di Ibu Kota. Ke depannya, pemberian vaksin ketiga untuk nakes akan dilakukan secara bertahap ke fasilitas kesehatan (faskes) lainnya.

Lihat juga Video: Penjelasan Pakar soal Booster Vaksin COVID-19 Tak Pakai Sinovac

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)