Hotel di Jakbar Akui Lalai Ada Pasien Corona Isoman Malah Jajan Bakso

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 11:01 WIB
Teralis hotel isoman di Jakbar ditutup.
Foto pagar hotel pasien isoman jajan bakso ditutup. (Foto: dok. Satpol PP Jakarta Barat)
Jakarta -

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat melakukan peninjauan ke hotel isolasi mandiri (isoman) pasien Corona (COVID-19) yang membeli bakso keliling saat isoman. Sudin Parekraf Jakbar menyebut pihak hotel mengakui adanya kelalaian pengawasan pasien isoman.

Tim Sudin Parekraf Jakbar meninjau hotel itu pada Selasa (27/7) dan menemui manajemen hotel. Tim Sudin Parekraf menyebut hotel itu adalah hotel isolasi yang telah mendapat SK dari Pemprov DKI Jakarta untuk memfasilitasi pasien Corona isoman.

"Kejadian tersebut diakui oleh pihak penanggung jawab sebagai kelalaian dalam hal pengawasan terhadap pasien OTG yang tengah melakukan aktivitas di lingkungan hotel," kata Kasudin Parekraf Jakbar Dedi Sumardi dalam laporan tertulis yang dilihat, Kamis (29/7/2021).

Dedi menjelaskan kronologi peristiwa viral tersebut. Awalnya, beberapa pasien sedang berolahraga sambil berjemur di halaman hotel. Menurut Dedi, pengelola tidak menduga pasien yang sedang isoman itu akan membeli bakso dari celah pagar.

"Namun, di luar dugaan, telah terjadi penyimpangan dengan melakukan aktivitas makan bakso keliling dengan memanfaatkan celah di sela-sela pagar pintu keluar yang tidak tertutup," jelasnya.

Atas kejadian ini, Dedi mengatakan pihaknya sudah meminta pihak hotel meningkatkan pengawasan untuk pasien isoman dan meminta kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Dedi juga meminta pihak hotel menutup celah pintu pagar dengan terpal.

Selain itu, Sudin Parekraf Jakbar memanggil manajemen hotel untuk memberikan pembinaan lebih lanjut. Hotel juga sudah diberi surat teguran tertulis.

"Atas terjadinya kelalaian tersebut, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Barat telah berkoordinasi dengan Dinas Parekraf DKI untuk diberi surat teguran tertulis kepada pengelola manajemen Hotel Ibis Budget Daan Mogot," jelasnya.

Seperti diketahui, kejadian ini bermula dari viral sebuah foto pasien Corona yang menjalani isolasi mandiri di sebuah hotel di Jakarta Barat makan bakso di halaman. Terlihat para pasien COVID itu duduk lesehan sambil menyantap semangkuk bakso.

Pada foto yang beredar tersebut tampak pasien isoman berada dalam halaman hotel yang dipagar. Mereka terlihat memesan makanan kepada pedagang yang berada di luar hotel.

Berdasarkan foto yang beredar, pagar hotel memang terkunci, namun terali pagar tidak tertutup rapat. Sehingga bisa melakukan interaksi dari dalam dan luar hotel.

Simak Video: Momen Petugas Jemput Tukang Bakso yang Layani Pasien Corona

[Gambas:Video 20detik]



(zap/imk)