Anies: Jakarta International Stadium Juga Bisa Digunakan Kegiatan Seni-Agama

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 23:49 WIB
Anies Baswedan (Dok Istimewa)
Anies Baswedan (Dok Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal pembangunan stadion Jakarta International Stadium. Anies mengatakan stadion ini bisa digunakan untuk kegiatan keagamaan hingga kegiatan seni.

Hal itu disampaikan Anies di akun YouTube Jakpro Group, Rabu (28/7/2021). Anies awalnya bicara soal penduduk Jakarta yang berisi beragam latar belakang.

"Jadi ketika ada sebuah stadion, maka stadion ini harus bisa mencerminkan bahwa tempat untuk berkumpul seluruh masyarakat dan dengan merasakan perasaan kesetaraan, merasakan perasaan kesamaan, yang membuat kita semua sebagai warga Jakarta itu tersatukan," kata Anies.

Anies mengatakan Jakarta International Stadium bisa digunakan untuk mengakomodasi seluruh kebiasaan warga Jakarta. Jadi, stadion ini tak sekadar untuk menonton pertandingan sepak bola.

"Jadi bukan sekadar tempat menonton pertandingan sepak bola, tapi tempat di mana ada interaksi antarwarga, tempat di mana terakomodasi semua kebiasaan semua kebutuhan yang ada di masyarakat yang usai masyarakatnya sudah ratusan tahun dan berstandar internasional, berstandar global, karena ini adalah kota megapolitan terbesar di belahan selatan dunia," ujarnya.

Kemudian Anies bicara soal bentuk Jakarta International Stadium yang memiliki atap buka-tutup. Jadi stadion ini bisa digunakan kapan saja dalam kondisi cuaca yang tak bersahabat.

"Di sisi lain, ini adalah sebuah kota di mana mayoritas penduduknya di sore hari dia harus melaksanakan kewajiban untuk salat Magrib yang waktunya amat pendek. Bisa dibayangkan, melihat di stadion itu kita akan bertemu dengan situasi mayoritas mungkin melakukan jamak, karena pertandingan jam 7, 80 ribu orang, di mana mereka bisa melaksanakan," ucap Anies.

"Dengan adanya stadion buka-tutup atapnya, maka pertandingan itu bisa dilakukan praktis bisa jam berapa saja, karena siang hari pun bisa digunakan, sore hari, waktu kapan saja," sambungnya.

Di sisi lain, stadion ini juga dirancang agar warga bisa menonton pertandingan sepak bolah lebih dekat. Jadi penonton dapat merasakan pengalaman berbeda karena stadion dirancang khusus untuk menonton jarak dekat.

Stadion Bisa Digunakan untuk Kegiatan Lain

Anies selanjutnya bicara soal Jakarta International Stadium dirancang juga untuk dapat menyelenggarakan kegiatan lain. Stadion ini, kata Anies, tak hanya bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola.

"Lalu, ini juga dimanfaatkan untuk multi-purpose, bukan saja kegiatan sepak bola, tapi Jakarta International Stadium ini bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan lain," sebut Anies.

Kegiatan agama hingga kegiatan seni dapat dilakukan di stadion ini nantinya. Anies mengatakan stadion ini dirancang untuk mengakomodasi seluruh kegiatan.

"Kegiatan keagamaan, kegiatan seni, kegiatan-kegiatan pertemuan, yang semuanya bisa diakomodasi karena rancangannya memungkinkan untuk itu," imbuhnya.

Tonton juga Video: Anies Baswedan Kawal Pengangkatan Rangka Atap JIS

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/knv)