Kemenkes: Penyebaran Varian Delta Hampir Merata di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 21:20 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi
Siti Nadia Tarmizi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap ada tiga variant of concern Corona atau varian yang mendapatkan perhatian dunia sudah ada di Indonesia. Dari ketiga varian itu, persebaran Corona varian Delta sudah merata di Indonesia.

"Sampai saat ini Indonesia telah melaporkan 3 dari variant of concern yang saat ini terdaftar di data base global, yaitu varian Alfa, Beta, dan varian Delta," kata jubir Kemkes Siti Nadia Tarmizi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/7/2021).

Corona varian Delta hampir separuh lebih mendominasi spesimen dua bulan terakhir dari 24 provinsi. Oleh sebab itu, persebaran Corona varian Delta sudah hampir merata di dalam negeri.

"Indonesia telah melaporkan sebanyak 1.019 variant of concern dari 3.647 sampel yang sudah diperiksa. Dan varian Delta ini sudah mendominasi sebesar 86% spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, yang berasal dari 24 provinsi. Sehingga dapat dikatakan persebaran ini sudah hampir merata di Indonesia," ujar Nadia.

Corona varian Delta menjadi perhatian pemerintah. Sebab, varian ini menular secara cepat dan menjadi salah satu faktor tingginya angka kematian.

"Hal ini tentunya menjadi perhatian kita bersama, bahwa potensi penularan di masyarakat akibat varian ini sangat tinggi dan menjadi salah satu faktor peningkatan kematian," imbuhnya.

Lihat Video: Mewaspadai Varian AY.1 'Delta Plus' yang Disebut Sudah Terdeteksi di RI

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/knv)