Viral di Russia, Inilah kisah Founder UMKM Rorokenes

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 20:08 WIB
Rorokenes
Foto: Rorokenes
Jakarta -

Tak kalah dengan merek-merek mahal, ternyata produk-produk tas yang dibuat lokal juga punya kualitas dunia. Salah satunya adalah produk tas dari label Rorokenes yang didesain oleh desainer lokal Syanaz Nadya Winanto.

Salah satu Entrepreneur Heroes BNI asal Semarang, Jawa Tengah ini berawal dari usaha rumahan dengan 1 penjahit dan 1 helper. Rorokenes kini telah memiliki workshop dengan puluhan karyawan. Desain yang diproduksi oleh Syanaz juga tidak sembarangan, desainnya pernah disamakan oleh salah satu brand ternama.

Bahkan, saat Syanaz bertandang ke Rusia pada tahun 2019 untuk mengikuti pameran karya seniman Indonesia. Tetapi ketika ia sampai di bandara produk-produk miliknya ditahan oleh pihak yang berwenang.

Pada saat itu, ia ditanya-tanya perihal tas yang ia bawa. Ada sekitar 15 orang yang bolak-balik masuk ruangan hanya untuk memotret dan memeriksa jahitan hingga bagian dalam dari tas yang dibawa oleh Syanaz.

Berkat desainnya tersebut, kini produk tas tenun yang dibuat oleh Syanaz telah mendunia hingga ke Jepang, Singapura, Amerika, Prancis, dan Hong Kong. Mau tau rahasia dari bisnis Syanaz yang sudah mendunia tersebut?

Jawabannya bisa ditemukan dalam acara Festival Ide Bisnis by Xpora. Acara ini merupakan bentuk dukungan aktivitas perekonomian Indonesia yang dibuat oleh BNI bersama detikcom. Acara ini juga bertujuan untuk memberi edukasi, solusi, dan strategi membangun bisnis bersama para Entrepreneur Heroes BNI.

Berlangsung selama 5 hari pada 30 Juli-3 Agustus 2021, Webinar FIB BNI akan menampilkan topik dan para Entrepreneur Heroes BNI berbeda di setiap harinya. Salah satu yang akan menjadi pembicara adalah Syanaz, yang akan berbagai ceritanya tentang usaha Rorokenes yang dimilikinya.

Tak cuma Syanaz, masih ada lagi pembicara lain yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja, Founder Bali Alus Ni Kadek Eka Citrawati, Founder Frinsa Agrolestari Wildan Mustofa, Founder Cau Cokelat Kadek Surya, dan Founder Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata.

Seluruh cerita inspiratif dari para Entrepreneur Heroes BNI ini bisa disaksikan selama 5 hari dengan tema berbeda. Dapatkan Ide Bisnis Ekspor yang Kreatif dari Para Entrepreneur Heroes BNI #EksporJadiMudah #UMKMGoGobal #SemangatBangkitdariCorona sponsored by BNI

Jadi, tunggu apa lagi? Catat tanggalnya dan ikuti seluruh rangkaian webinar FIB BNI yang akan ditayangkan secara streaming di detik.com/ide-bisnis-xpora.

(mul/ega)