Warga Cilebut Bogor Antusias Ikut Vaksinasi COVID, Harap Stok Vaksin Ditambah

Herianto Batubara - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 15:14 WIB
Suasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut Kabupaten Bogor
Suasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut, Kabupaten Bogor. (Foto: dok Ist)
Bogor -

Pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi untuk mencegah penularan pandemi COVID-19. Di wilayah Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, warga antusias mengikuti program vaksinasi massal.

Vaksinasi massal ini digelar di Lapangan Tugu Lonceng di Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Rabu (28/7/2021). Sejak pagi warga yang hendak divaksinasi tampak sudah antre.

Di lokasi hadir Kepala Desa Cilebut Timur Muchtar Kelana memantau pelaksanaan vaksinasi massal. Tampak pula Babinsa Cilebut Timur dari Koramil 2101 Sukaraja Serka Rohmad Bradjamusti juga Babinsa Cilebut Barat Serma Rajab Pardede serta Bhabinkamtibmas Polri Brigadir Dito.

Suasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut Kabupaten BogorKades Cilebut Timur Muchtar Kelana bersama Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri memantau di lokasi vaksinasi massal (Foto: dok Ist)

Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas tampak aktif membantu warga mengikuti alur vaksinasi yang sudah disiapkan. Lewat pengeras suara, mereka juga mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan menjaga jarak dan selalu mengenakan masker.

Selain Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri, pengaturan di area vaksinasi massal ini melibatkan petugas dari BPBD dan Satpol PP Kabupaten Bogor serta Linmas dan anggota Pramuka.

Suasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut Kabupaten BogorSuasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut Kabupaten Bogor. (Foto: dok Ist)

"Kegiatan vaksinasi massal ini didukung oleh Kodim, kerja sama antara Desa Cilebut Timur dan Cilebut Barat untuk percepatan vaksin karena memang jumlah terkonfirmasi positif Cilebut Timur, Cilebut Barat, maka target pemerintah dan Kodim khususnya untuk dua desa ini," kata Kades Cilebut Timur Muchtar Kelana.

Muchtar menjelaskan vaksinasi massal di Lapangan Tugu Lonceng ini dimulai sejak 26 Juli, lalu dilanjutkan pada 28 Juli serta 2 Agustus mendatang. Sasarannya warga Desa Cilebut Timur dan Barat, Desa Cimandala, dan Desa Pasirjambu.

Vaksinasi yang disiapkan sekitar 1.500 jenis Sinovac dengan sasaran usia 18-60 tahun. Tim vaksinator sendiri disiapkan dari Puskesmas Cilebut. Pada 26 Juli lalu ada 704 warga yang mendapat vaksin pertama di lokasi ini. Sementara data per 28 Juli ini hingga ditutup pukul 16.00 WIB, total ada 919 warga yang menerima vaksin.

"Sejauh ini alhamdulillah berjalan lancar, warga juga tertib, cukup kondusif. Jadi warga cukup antusias," ujar Muchtar.

Suasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut Kabupaten BogorSuasana vaksinasi massal di wilayah Cilebut, Kabupaten Bogor. (Foto: dok Ist)

Atas dasar itu, Muchtar berharap pemerintah pusat, provinsi, atau kabupaten bisa menambah jumlah vaksin untuk wilayah Kecamatan Sukaraja, khususnya di Cilebut Timur dan Barat. Dia juga berharap bisa segera dilaksanakan vaksinasi untuk usia di bawah 18 tahun.

Babinsa Cilebut Timur Serka Rohmad juga menyampaikan hal senada. Dia mengatakan warga antusias mengikuti program vaksinasi massal ini.

"Alhamdulillah sejauh ini semua berjalan kondusif. Masyarakat cukup tertib setelah kita mengevaluasi pelaksanaan pada vaksinasi hari pertama. Ini sesuai arahan Dandim 0621 Kabupaten Bogor juga Danramil 2101 Sukaraja untuk mendukung pemerintah menggalakkan program vaksinasi," ujar Serka Rohmad.

"Kita berharap pelaksanaannya hingga akhir nanti bisa berjalan dengan lancar. Program vaksinasi massal ini sebagai ikhtiar kita mengatasi pandemi COVID-19," sambungnya.

(hri/fjp)