Surat Ar Rahman Ayat 33, Bukti Lemahnya Jin dan Manusia

Kristina - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 07:05 WIB
Saat bulan Ramadhan, seorang muslim  yang melakukan ibadah akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Salah satunya dengan membaca kitab suci Al Quran.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Tanda-tanda kebesaran Allah SWT telah dijelaskan dalam berbagai firman-Nya dalam Al Quran. Salah satunya terdapat pada surat Ar Rahman ayat 33.

Surat Ar Rahman merupakan salah satu surat yang berisikan nikmat dan kasih sayang yang tak terhingga dari Allah SWT. Ayat-ayat di dalamnya menjelaskan tentang besarnya nikmat yang telah diberikan-Nya. Membaca surat ini dapat mendorong seseorang untuk terus memuji Allah SWT.

Ar Rahman (Arab: الرحمن) adalah surat ke-55 dalam Al Quran yang terdiri dari 78 ayat. Surat Ar Rahman diturunkan di Kota Mekkah dan tergolong surat Makkiyah. Pada ayat 33, Allah SWT berfirman bahwa jin dan manusia tidak akan mampu melintasi penjuru langit dan bumi kecuali atas kekuatan dari-Nya.

Surat Ar-Rahman ayat 33 berbunyi:

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ - ٣٣

Artinya: "Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah)." (QS. Ar-Rahman: 33).

Menurut tafsir Kemenag, ayat tersebut menyeru jin dan manusia jika mereka sanggup menembus dan melintasi penjuru langit dan bumi karena takut akan siksaan dan hukuman Allah SWT, maka mereka boleh melakukannya.

Namun, pada kalimat selanjutnya dikatakan bahwa mereka (jin dan manusia) tidak akan mampu melintasi penjuru langit. Mereka tidak memiliki kekuatan sedikitpun untuk menghadapi kekuatan Allah SWT.

Ulama tafsir, Ibnu Katsir menjelaskan, jin dan manusia tidak akan dapat melarikan diri dari perintah Allah dan takdir-Nya. Bahkan, Dia meliputi mereka dan mereka tidak akan mampu melepaskan diri dari hukum-Nya serta tidak pula membatalkan hukum-Nya terhadap mereka. Ke manapun mereka pergi selalu diliput.

Lebih lanjut, Ibnu Katsir menerangkan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat meloloskan diri kecuali dengan kekuasaan-Nya. Menurut para ahli tafsir, pengertian sulthan ( بِسُلْطٰنٍۚ) pada ayat ini adalah ilmu pengetahuan. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan ilmu manusia dapat menembus ruang angkasa.

Sahabat hikmah, melihat makna dari surat Ar Rahman ayat 33 tersebut semakin menggambarkan dengan jelas bahwa jin dan manusia lemah tanpa kekuatan dari-Nya.

(nwy/nwy)