Polres Pelabuhan Tanjung Priok Tangkap Pembuat Kartu Vaksin Palsu di Bogor

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 17:57 WIB
Contoh Kartu Vaksin COVID-19
Kartu vaksin COVID-19 (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan pembuat sertifikat vaksin COVID-19 palsu. Pelaku diamankan setelah polisi mendapatkan aduan dari masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP David Kanitero mengatakan awalnya warga merasa curiga karena ada salah seorang tetangganya yang memiliki sertifikat vaksin tapi belum pernah ikut dan terdaftar vaksinasi. Warga kemudian melaporkan kecurigaan tersebut kepada polisi.

"Penangkapan pelaku ini berawal dari kecurigaan anggota terhadap adanya warga yang tidak melaksanakan vaksin, tetapi telah memiliki sertifikat vaksin walaupun belum terdata di RT/RW," kata David melalui keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

David menuturkan polisi kemudian melakukan patroli siber di media sosial. Dari sana polisi mulai menginvestigasi kebenaran laporan tersebut.

"Kemudian Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan investigasi dan pengembangan terkait kasus tersebut dengan melakukan patroli siber," tuturnya.

Pelaku kemudian berhasil ditangkap Satreksim Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Pelaku diamankan polisi di daerah Bogor, Jawa Barat.

"Akhirnya, Satreskrim berhasil mengamankan pelaku Pembuat Sertifikat Vaksin Palsu di daerah Bogor," imbuhnya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengatakan pihaknya akan menindak pelaku pemalsuan vaksin. Masyarakat diimbau untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan pemerintah.

"Tidak perlu takut divaksin. Masyarakat bisa melakukan vaksin secara gratis, tidak perlu membeli kartu vaksin palsu hanya untuk memenuhi syarat perjalanan," kata Putu.

Seperti diketahui, jajaran Polda Metro Jaya telah menangkap para pelaku pemalsuan kartu vaksin. Polisi mengingatkan, bukan hanya pemalsu yang bisa diproses pidana, tapi juga pengguna kartu vaksin palsu.

(mea/mea)