Penipuan Modus Jual Kartu Vaksin, Sejoli Asal Sulsel Ditangkap

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 16:56 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menangkap tiga orang asal Sulawesi Selatan yang melakukan penipuan dengan modus menjual kartu vaksin. Dua di antaranya pasangan kekasih.

"Dua tersangka, perempuan SS dan laki-laki SKI ini, mereka berpacaran. Otaknya SKI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Yusri mengatakan tersangka SKI ini mengajari kekasihnya SS membuat akun di media sosial. SS bertugas menawarkan kartu vaksin melalui media sosial itu.

"Dalam akun itu, dia katakan 'bagi yang ingin memiliki sertifikat vaksin tanpa melakukan vaksin atau takut melakukan vaksin kami open jasa pembuatan sertifikat'," jelas Yusri.

Selain SS dan SKI, polisi menangkap laki-laki berinisial IF. Sama halnya dengan SS dan SKI, IF juga menawarkan jasa pembuatan kartu vaksin fiktif melalui media sosial.

Namun, menurut Yusri, IF dan kedua pasangan tadi bukan satu kelompok, meski mereka sama-sama berasal dari satu desa di Sulawesi Selatan.

"Modusnya sama ketiga orang ini, dengan 2 LP, mereka ini di satu desa, satu kabupaten di Sulsel memang spesialis menipu," kata Yusri.

Modus operandi para pelaku adalah menawarkan pembuatan kartu vaksin bagi yang hendak melakukan perjalanan ke luar kota. Namun, setelah korban mengirimkan uang, para pelaku tidak mengirimkan kartu vaksin.

"Ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya, karena sudah beredar. Banyak sekali korban-korban yang sudah mengadu," katanya.

Lebih lanjut Yusri mengimbau masyarakat tidak menggunakan jasa para pelaku pemalsu vaksin. Warga diimbau ikut vaksin yang diselenggarakan pemerintah tanpa harus keluar uang.

(mea/mea)