Jokowi: Pandemi COVID-19 Jadi Pressure Test bagi Kita

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 14:23 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi COVID-19 berdampak signifikan bagi bangsa Indonesia. Jokowi menyebut Indonesia sedang menanggung beban berat.

"Saat ini kita harus menanggung beban yang berat akibat pandemi COVID-19. Kita harus berjuang mengatasi permasalahan kesehatan dan permasalahan ekonomi. Kita harus berjuang untuk tetap menjalankan proses pendidikan di tengah pembatasan interaksi dan pertemuan fisik," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di konferensi Forum Rektor Indonesia, Selasa (27/7/2021).

Selain itu, Jokowi memaknai sebagai ujian bagi ketahanan bangsa. Segala bidang kehidupan sedang dites sejauh mana kekuatan bertahannya.

"Namun pandemi COVID-19 juga merupakan sebuah ujian terhadap ketangguhan kita, merupakan pressure test sejauh mana kita mampu menghadapi tekanan yang sangat berat ini, menguji ketangguhan kita di segala bidang, juga menguji ketangguhan dunia pendidikan kita. Kita memang harus berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari ancaman COVID-19, tetapi pasti banyak langkah inovatif yang muncul karena pandemi ini," ujar Jokowi.

Pandemi ini juga, kata Jokowi, menambah disrupsi yang sebelumnya telah dipicu Revolusi Industri 4.0. Sektor pendidikan, kesehatan, hingga perdagangan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Pandemi COVID-19 merupakan rangkaian serial disrupsi, menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu Revolusi Industri 4.0. Perubahan lanskap sosial-budaya perubahan lanskap ekonomi, perubahan lanskap politik, mengalami perubahan besar akibat Revolusi Industri 4.0," kata Jokowi.

(knv/tor)