Gubsu Edy Tegaskan Penyekatan Masih Berlaku di Medan: Kami Sayang Rakyat

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 12:56 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi meninjau vaksinasi massal di Gedung Kejati Sumut
Gubsu Edy Rahmayadi meninjau vaksinasi massal di gedung Kejati Sumut. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menegaskan penyekatan kendaraan tetap dilakukan pada masa PPKM level 4 lanjutan. Hal ini guna mencegah timbulnya klaster COVID-19.

"Penyekatan tetap dilakukan dalam rangka mengurangi kerumunan. Intinya adalah kerumunan. Itu yang dibatasi," kata Edy saat meninjau vaksinasi di gedung Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) di Medan, Selasa (27/7/2021).

Edy kemudian menuturkan, selain penyekatan kendaraan, langkah selanjutnya adalah memastikan disiplin prokes karena saat ini aturan dilonggarkan dan beberapa usaha boleh beroperasi.

"Yang kedua, memastikan rakyat itu taat. Dia tak berkerumun, tetap harus taat mematuhi protokol kesehatan. Termasuk yang melakukan kegiatan-kegiatan perekonomian, uang, bisa dibuka, diringankan, dibuka, tetapi tetap tidak boleh itu dijadikan klaster," ucap Edy.

Edy menerangkan PPKM level 4 lanjutan berlaku di Kota Medan karena tingginya mobilitas warga. "Karena 33 kabupaten/kota itu semua datang ke Medan," sambung Edy.

Edy mengatakan warga dari kabupaten dan kota lain keluar-masuk Kota Medan untuk berobat, belanja, dan lain-lain. Oleh sebab itu, penyekatan kendaraan dilakukan, lanjut Edy, karena pemerintah sayang kepada warganya.

"Itulah gunanya disekat sementara. Jangan lakukan itu (mobilitas keluar-masuk Kota Medan) dulu karena nanti akan menjadi klaster. Kami sayang kepada rakyat ini," ucap Edy.

"Kenapa Medan menjadi level 4, karena ibu kotanya Sumut. Wajar, salahnya sendiri dia jadi ibu kota. Kalau ibu kotanya Sumut itu di Siantar, mungkin yang level 4 itu Siantar," sebut Edy.

Namun Edy mengingatkan agar masyarakat membatasi kegiatannya. Hal ini untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah COVID-19.

"Namun ini yang harusnya kita atur, kita lakukan batasi semua kegiatan-kegiatan sementara kita mencegah COVID ini. Ikuti semua masyarakatku, tapi bukan ini dijadikan menjadi ranah politik. Ini adalah untuk kesehatan kita menjaga rakyat kita," sebut Edy.

Simak juga 'Bobby Nasution Bersiaga Cegah Varian Corona di Pelabuhan Medan':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)